visitaaponce.com

Banjir Bandang di Solok Sumbar Rusak 6 Jembatan dan Rumah Warga

Banjir Bandang di Solok Sumbar Rusak 6 Jembatan dan Rumah Warga
Banjir bandang di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, Rabu, 20 Desember 2023.(Antara)

Banjir bandang yang menerjang Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, Rabu, (20/12) lalu, merusak 6 jembatan, dan sejumlah rumah warga. Banjir bandang juga merusak lahan pertanian.

Pihak Humas Kabupaten Solok menyebutkan, dampak kerusakan banjir ada di sejumlah jorong (dusun) di Nagari Surian seperti Jorong Koto Tinggi, Jorong Kayu Manang, Jorong Tambang dengan kerusakan berupa infrastruktur, tempat usaha, pemukiman, dan lahan pertanian.

"Ruas Jalan Koto tinggi-sapan putus total dan bahu jalan terban di beberapa titik," demikian informasi Humas Pemkab Solok.

Baca juga: Banjir Bandang Hanyutkan Rumah Warga ke Danau Toba

Respons atas bencana itu, posko penangan bencana nagari sudah didirikan semalam di kantor Wali Nagari Surian dan penerimaan bantuan satu pintu melalui pemerintah nagari di posko bencana..

"Seluruh korban dan warga yang beresiko di bantaran sungai sudah dievakuasi semalam ke rumah dunsanak terdekat,” ujarnya.

Sementara anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade langsung bereaksi untuk membantu korban bencana akibat meluapnya Sungai Kayu Manang itu.

Baca juga: Banjir Bandang Sapu Dusun 2 Binanga Bolon Simalungun

Andre Rosiade langsung meminta Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok Jon Firman Pandu yang juga Wakil Bupati Solok membantu korban bencana. Membangun dapur umum untuk memastikan pasokan makanan warga terdampak banjir bandang. Karena itu adalah kebutuhan mendesak.

“Kami langsung kirim Rp50 juta untuk membantu para korban bencana alam di Surian, Solok. Semoga bisa membantu memastikan tidak ada korban yang tidak mendapatkan makanan. Agar bisa survive menghadapi cobaan ini,” kata Andre.

Timnya turun ke lapangan. Membangun dapur umum yang sangat dibutuhkan korban banjir sekaligus sebagai posko bantuan. Tim juga terus bergerak menginventarisasi kerugian akibat bencana ini.

“Alhamdulillah, kita mendapat bantuan Rp50 juta dari pak Andre Rosiade untuk membuka posko dan dapur umum. Ini sangat dibutuhkan untuk memastikan tidak ada korban banjir yang tidak mendapat makanan,” kata Jon Pandu yang mewakili Andre ke lapangan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat