visitaaponce.com

Banjir Bandang Hanyutkan Rumah Warga ke Danau Toba

Banjir Bandang Hanyutkan Rumah Warga ke Danau Toba
Banjir bandang di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang menyebabkan rumah warga hanyut ke Danau Toba.(Metro TV)

BENCANA banjir bandang terjadi di pemukiman warga di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Tidak ada korban jiwa, namun dua rumah warga terbawa banjir hanyut ke Danau Toba, dan warga lainnya harus mengungsi hingga akses jalan putus total.

Bencana alam kembali terjadi di daerah lingkar Danau Toba. Terbaru, banjir bandang terjadi di Desa Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, pada Rabu sore.

Baca juga: Banjir Bandang Sapu Dusun 2 Binanga Bolon Simalungun

Banjir bandang membawa material seperti batu, tanah, kayu, dan lumpur yang berasal dari perbukitan. Dua unit rumah warga terbawa hanyut hingga ke Danau Toba.

Sementara itu, rumah warga lainnya juga mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa saat kejadian, namun sebanyak dua puluh delapan kepala keluarga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Baca juga: Kawasan Danau Toba Diterjang Bencana, Setop Eksploitasi Sumber Daya Alam

Selain itu, banjir bandang juga menghanyutkan perkuburan warga dan ternak mereka hilang. Diduga, banjir diakibatkan jebolnya tanggul warga di Desa Purba Tongah, Kecamatan Purba.

Akses jalan yang menghubungkan Haranggaol dengan Pelabuhan Tigaras Ras terputus total, dan aliran listrik di lokasi juga masih mati. Proses evakuasi dan pembersihan material banjir bandang telah dihentikan karena kondisi yang gelap, dan dilanjutkan pada pagi harinya.
 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat