visitaaponce.com

Pemkab Samosir-IDN Australia Kerja Sama di Sektor Pariwisata dan UMKM

Pemkab Samosir-IDN Australia Kerja Sama di Sektor Pariwisata dan UMKM
Indonesia Diaspora Network (IDN) Australia berkunjung ke Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Senin (23/10).(MI/APUL ISKANDAR)

KUNJUNGAN Indonesia Diaspora Network (IDN) Australia di Kabupaten Samosir pada Senin (23/10) disambut baik Bupati Samosir Vandiko T Gultom. Melalui Kunjungan tersebut diharapkan terjalin kerja sama antara kedua belah pihak di sektor pariwisata dan UMKM.

"Terima kasih dan semoga Bapak dan Ibu yang berkunjung menikmati pariwisata dan UMKM (Kabupaten Samosir) sehingga ke depan dapat dipasarkan di Australia," kata Vandiko.

Vandiko mengungkapkan selain alam yang cukup indah, Kabupaten Samosir sebagai sentral Danau Toba merupakan kawasan strategis pariwisata nasional dan memiliki budaya yang merupakan titik nol peradaban Batak sehingga sangat layak untuk dikunjungi.

Baca juga: Kementan Perkuat Produktivitas Kopi di Samosir

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Diaspora Australia, terima kasih sudah memilih Samosir sebagai tujuan. Selamat datang di Negeri Indah Kepingan Surga Titik Nol Peradaban Batak", ujar Vandiko.

Vandiko pun meminta IDN Australia agar membantu promosi pariwisata Samosir sehingga dapat mendatangkan wisatawan.

Kabupaten Samosir juga menggelar Samosir Music International dan mengundang musisi dari luar negeri seperti dari Italia dan Austria untuk menyanyikan lagu Batak

Presiden IDN Australia Hendra Wijaya menjelaskan kunjungannya bersama tim ke Samosir memang dalam rangka melihat potensi pariwisata, kebudayaan, perdagangan dan investasi. Pariwisata di Kabupaten Samosir kata dia merupakan suatu bentuk yang menarik bagi semua orang.

Baca juga: Diaspora Indonesia di Turki Gandeng BUMN, Gelar Festival Pasar Senggol

"Saya rasa akan menjadi bentuk promosi yang sangat bagus, sehingga teman-teman di Australia dapat menikmati keindahan alam Kabupaten Samosir," ucapnya. 

Senada dengan Hendra, Wakil President IDN Australia Ben Tampubolon berharap ada ke depan ada tindak lanjut lanjut dalam membantu kopi Samosir yang sudah memiliki kemasan bagus dan bisa masuk ke Australia. Sebaliknya  masyarakat Indonesia diharapkan datang ke Australia untuk menimba Ilmu, bekerja, menabung, dan pulang ke Indonesia untuk membuka usaha masing-masing.

"Meski kami hidup di Australia, hati kami ada di Indonesia. Selanjutnya kami akan membuat rangkuman dan melaporkan kepada Dubes dan Komjen serta dengan senang hati akan membantu promosi Kabupaten Samosir. Inilah kerinduan hati kami, tidak hanya ngomong saja," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat