visitaaponce.com

Aquabike 2023 di Danau Toba Diharapkan Bawa Dampak Ekonomi Besar

Aquabike 2023 di Danau Toba Diharapkan Bawa Dampak Ekonomi Besar
Konferensi Pers Aquabike 2023(Dok. Kemenpora)

WAKIL Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau akrab disapa Tiko menyebut, pergelaran Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba, Sumatra Utara, akan menghasilkan perputaran ekonomi yang besar.

Ia menuturkan sebelumnya Danau Toba menggelar event olahraga internasional F1Powerboat World Championship pada Februari 2023 lalu. Kegiatan tersebut menghasilkan perputaran ekonomi hingga Rp1,7 triliun dengan total pengunjung 25 ribu orang.

"Kami berharap Aquabike 2023 juga mengulang kesuksesan yang sama dengan F1Powerboat dengan membawa impact ekonomi yang besar," ujar Tiko dalam konferensi pers Aquabike Jetski World Championship 2023, Jakarta, Selasa (31/10).

Baca juga : Kementerian BUMN Pastikan Dukung Aquabike Jetski World Championship

Perhelatan Aquabike Jetski World Championship 2023 akan diselenggarakan di empat kabupaten di sekitar Danau Toba, yakni Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Toba pada 22-26 November 2023.

Union Internationale Motonautique (UIM) telah menjalankan prosedur homologasi dan keempat wilayah tersebut dinyatakan layak menjadi lokasi balap ini.

Tiko menegaskan perusahaan BUMN seperti Injourney, PT Pertamina, Telkom dan PLN siap mendukung pergelaran tersebut.

Baca juga : Rusty Wyatt Juara F1 Powerboat Toba 2024

"Melalui InJourney dan BUMN lain siap mendukung event ini. Tentunya akan kita dorong, sehingga event ini menjadi kebanggaan kita bersama," ucapnya.

Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba akan diikuti oleh sekitar 40 pembalap dari lebih dari 18 negara. Mereka terdiri dari sekitar 30 pembalap internasional dan 10 pembalap Indonesia.

Selama lima hari, perlombaan akan dibagi menjadi dua kategori yakni endurance world

Baca juga : Bahan Bakar Pertamina Patra Niaga Dukung Kesuksesan Pelaksanaan F1 Power Boat

championship pada hari pertama hingga ketiga dengan lokasi di Karo, Dairi, dan Samosir. Sedangkan, circuit world championship akan diselenggarakan pada hari keempat dan kelima di Balige, Toba.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Maya Watono menargetkan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba dampak menggerakkan roda ekonomi sebesar Rp2 triliun.

Jumlah tersebut akan didapat dari sederet aktivitas ekonomi di empat kabupaten, seperti dari tiket pesawat, akomodasi perjalanan, bisnis penginapan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Harapan kami bisa mencapai Rp2 triliun karena event ini meliputi empat kabupaten,” bilangnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat