visitaaponce.com

Aquabike Jetski Momentum Promosi Wisata Danau Toba

Aquabike Jetski Momentum Promosi Wisata Danau Toba
Danau Toba, Sumatra Utara.(MI/SUMARYANTO BRONTO)

POTENSI Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di dunia  diproyeksikan sebagai salah satu pusat olahraga air di Indonesia. Setelah sukses dengan ajang F1 Powerboat (F1H2O) yang digelar beberapa bulan lalu, kini ada lagi event sejenis yakni Aquabike Jetski World Championship.

Ajang olahraga Aquabike Jetski ini pun dipastikan sudah siap digelar di 4 kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, yakni Kabupaten Karo, Dairi, Toba, dan Samosir hari ini hingga 26 November 2023. Sebanyak 118 pebalap dari 22 negara siap menjajal eksotisme danau vulkanik terbesar di dunia ini dengan menargetkan 100.000 pengunjung.

Pj Gubernur Sumatra Utara Mayjend (Purn) Hassanudin didampingi tim InJourney saat melakukan pengecekan kesiapan infrastruktur menuju venue yang berada di Water Front City Pangururan Samosir, Selasa (21/11) berharap event Aquabike Jetski yang akan digelar di empat kabupaten menjadi momentum untuk mempromosikan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

"Selain akan mempromosikan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, event Aquabike Jetski World Championship 2023 juga diharapkan akan membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal serta terciptanya lapangan pekerjaan," kata Hassanudin.

Baca juga:

Aquabike Jetski World Championship, Ratusan Jetski Akan Berlomba di Danau Toba

Kementerian BUMN Pastikan Dukung Aquabike Jetski World Championship

Dia mengatakan melalui event Aqua Jetski Championship ini akan semakin menambah sejarah dan mengukir prestasi baru bagi kawasan wisata Danau Toba.

"Event Aquabike Jetski World Championship bakal mengukir prestasi dan sejarah baru, dengan demikian kawasan Destinasi Pariwisawa Danau Toba akan semakin mendunia," katanya.

Senada dengan Hasanuddin, Sekda Provinsi Sumatra Utara Arief Sudarto Trinugroho saat Welcome Dinner di Tuktuk Siadong Samosir di hari yang sama mengutarakan event internasional ini merupakan momentum untuk membangkitkan kembali pariwisata di Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba.

Selain melihat pertandingannya, para wisatawan juga akan menikmati lebih banyak objek wisata seperti panorama Danau Toba dan berbagai macam budaya dan adat yang ada di kawasan Danau Toba.

"Melalui acara ini, kami berharap memberikan dampak positif dengan meningkatkan kunjungan wisata, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara", pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat