visitaaponce.com

Indonesia Dianggap Sukses Gelar Aquabike Jetski World Championship

Indonesia Dianggap Sukses Gelar Aquabike Jetski World Championship
Aquabike Jetski World Championship 2023(Istimewa)

Indonesia sukses menjadi penyelenggara Aquabike Jetski World Championship 2023. Kesuksesan tersebut diakui oleh H20 Racing Management, selaku promotor kejuaraan. Pendiri H20 Racing Management, Nicolo Di San Germano, menyebut Danau Toba, Sumatra Utara, merupakan venue terbaik di dunia untuk balapan jetski.

“Ada banyak alasan kenapa Danau Toba menjadi venue di ajang ini, satu di antaranya karena kemegahan dan kecantikan Danau Toba yang layak dikenal lebih banyak masyarakat dunia,” ujar Nicolo saat konferensi Pers di Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/11).

Selama 42 tahun menggeluti industri water sport, ia merasa kejuaraan aquabike kali ini, yang diselenggarakan InJourney, merupakan yang terbaik.

Baca juga: Aquabike Jetski Momentum Promosi Wisata Danau Toba

“Sebagai perusahaan penyelenggara, InJourney bisa memberikan input kepada kami untuk menggelar dan mengelola event race ini,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku senang karena Indonesia berhasil menorehkan sejarah. Danau Toba untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah ajang Jetski internasional yang melibatkan 118 pembalap.

Baca juga: Danau Tondano Jadi Tempat Pelaksanaan Minahasa Wakefest 2023

Keberhasilan itu tentunya tidak terlepas dari kolaborasi yang apik dari seluruh pemangku kepentingan yang terlibat.

"Terima kasih Polri, TNI, Basarnas, InJourney, Kemenkomarves, Kemenkominfo, Kemenpora dan termasuk teman-teman dari stakeholder pariwisata. Saya ucapkan selamat karena prestasi ini membuat Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan semakin dikenal oleh dunia,” ucap Sandiaga.

Sandiaga menegaskan optimismenya dengan event ini banyak hotel-hotel terisi, produk- produk UMKM laris terjual, dan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat bukan hanya kawasan Kabupaten Toba, tapi juga di Dairi, Karo, dan Samosir. “Seluruh daerah yang terlibat dapat merasakan manfaatnya tak hanya dari pariwisata, tetapi juga ekonomi kreatifnya,” ungkapnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney, Maya Watono, menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan sebagai penyelenggara ajang tersebut.

“Penyelenggaraan event sebesar ini adalah katalis dari pengembangan sebuah destinasi yang harus terus didukung untuk jangka panjang. Jika berkaca pada penyelenggaraan F1Powerboat 2023 lalu, dampak ekonominya mencapai Rp 1,7 triliun. Tentunya kita harapkan dampak ekonomi terhadap Indonesia, khususnya Sumatra Utara, terlebih lagi kawasan Danau Toba, bisa mencapai lebih dari Rp 1,7 triliun karena ajang ini dilaksanakan selama lima hari di empat kabupaten,” terang Maya.

Aquabike Jetski World Championship 2023 dihelat pada 22-26 November 2023 di empat kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, yaitu Karo, Dairi, Samosir, dan Toba. Event yang dikemas dengan Pesta Rakyat Danau Toba ini berhasil menyedot lebih dari 200 ribu pengunjung. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat