visitaaponce.com

Ajak Cucu Nikmati Akhir Pekan di TMII, Presiden Jokowi Apresiasi Wajah Baru TMII

Ajak Cucu Nikmati Akhir Pekan di TMII, Presiden Jokowi Apresiasi Wajah Baru TMII
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana mengajak cucu-cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, mengunjungi TMII.(Dok Injourney)

PRESIDEN Joko Widodo bersama Ibu Iriana mengajak cucu-cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, menikmati akhir pekan dengan menyaksikan keindahan Taman Mini Indonesia Indah pada Sabtu, 8 Juni 2024. Presiden mengajak cucu-cucunya untuk menikmati keindahan pemandangan sekaligus belajar tentang ragam budaya di Indonesia melalui beragam wahana di TMII

Presiden Jokowi dan keluarga tiba di TMII pada Sabtu (8/6) sekitar pukul 13.40 WIB. Presiden dan rombongan disambut Direktur Utama TMII Intan Ayu Kartika dan Direktur Operasi TMII Arie Prasetyo di Tourist Information Center (TIC) TMII.  

Presiden bersama Ibu Iriana dan cucu-cucunya kemudian menaiki angling menyusuri Danau Miniatur Arsipelago Indonesia. Sepanjang perjalanan, rombongan Presiden Jokowi dan keluarga menikmati keindahan budaya Indonesia melalui beragam bangunan rumah adat yang termasuk area anjungan daerah. Pemandu wisata TMII tampak mendampingi dan menjelaskan berbagai anjungan daerah yang di TMII tersebut, termasuk museum dan wahana kreasi yang ada. 

Baca juga : Jokowi Dilaporkan ke Bawaslu Akibat Pose Dua Jari, Ini Tanggapan Istana

Setelah menyaksikan pertunjukan gamelan corobalen di Tourist Information Center (TIC), rombongan menaiki kendaraan listrik menuju Taman Burung. Cucu-cucu Presiden tampak gembira saat menyaksikan berbagai spesies burung yang ada di TMII. 

Taman Burung TMII tercatat memiliki 218 spesies dengan lebih dari 2.000 burung. Senyum bahagia terpancar dari wajah Presiden Jokowi ketika beliau beserta cucu-cucunya bisa berinteraksi langsung dengan satwa, berfoto, bahkan menyaksikan Bird Presentation. Bapak Presiden dan keluarga juga berkesempatan menikmati keindahan TMII dari atas udara dengan menaiki kereta gantung sebelum rombongan meninggalkan TMII.

Seperti yang dilansir pada konten Instagram Presiden Jokowi @jokowi bahwa pada kesempatan itu, Presiden Jokowi sempat berjumpa para siswa SDN Jatinegara 05 Pagi yang tampak senang juga karena TMII kini lebih tertata dan banyak ilmu yang bisa didapatkan dengan bermain di destinasi tersebut. 

Baca juga : Istana: Presiden Jokowi Ingin Mendengar Masukan Masyarakat Soal Iuran Tapera

TMII yang dikelola oleh cucu perusahaan Holding BUMN Sektor Pariwisata dan Aviasi, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, telah selesai direvitalisasi dan diresmikan Presiden Jokowi pada 1 September 2023. Saat meresmikan wajah baru TMII, Presiden Jokowi berharap TMII tidak hanya sebagai destinasi pariwisata akan tetapi juga menjadi sarana edukasi yang memperkenalkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia bagi masyarakat, tamu negara, dan wisatawan mancanegara. 

Revitalisasi TMII dilakukan sejak Januari 2022. Setelah direvitalisasi, TMII hadir dengan wajah baru yang tertata rapi, lebih hijau, lebih indah, dan lebih nyaman. TMII hadir dengan 70% ruang terbuka hijau dan 30% bangunan. 

Usai revitalilsasi, TMII memegang empat pilar konsep pengelolaan baru, yakni Smart, Culture, Green, Inclusive. Pilar smart yang berarti TMII menjadi destinasi yang berfokus pada pengembangan dan implementasi platform digital. Pilar culture diwujudkan dengan menjadi destinasi wisata yang mempresentasikan ragam Budaya Indonesia. Ada optimalisasi kegiatan seni dan budaya, dan ragam atraksi di panggung panggung terbuka atau open space, sehingga pengunjung berkesempatan menyaksikan langsung pergelaran seni dan budaya serta terlibat dan menjadi bagian dari budaya itu sendiri. 

Baca juga : Jokowi Janjikan Waktu Tempuh ke IKN Semakin Singkat Mulai Agustus 2024

Aspek inclusive berarti TMII hadir sebagai destinasi wisata yang terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat yang saling bertoleransi dan menghargai budaya. TMII tetap menjadi destinasi wisata dengan harga tiket yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Sedangkan pilar green diwujudkan dengan hadirnya lanskap ramah pedestrian dengan dominasi lahan terbuka yang hijau serta penggunaan kendaraan bebas emisi karbon sebagai transportasi utama. 

"InJourney mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan keluarga yang sudah berkunjung ke TMII, menikmati akhir pekan kali ini. Kami berharap TMII senantiasa bisa menjadi tempat wisata keluarga, yang bisa membawa kebahagiaan, dan keceriaan bagi setiap keluarga di Indonesia," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono. 

TMII wajah baru senantiasa menghadirkan pertunjukan yang menarik. Bagi keluarga yang akan menyambut liburan sekolah, TMII menyelenggarakan Festival Kumpul Bocah mulai 22 Juni-7 Juli 2024. Banyak ragam aktivitas seru yang dapat dinikmati mulai dari Natsu Matsuri, permainan tradisional anak, hingga pertunjukan budaya. Tersedia juga beragam promo menarik seperti bayar sekali untuk naik kereta gantung berkali-kali hanya 100k, bundling tiket masuk + kereta gantung, dan museum pass. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat