visitaaponce.com

Polda Jatim Periksa Penyebab Kecelakaan Kereta-Minibus di Lumajang

Polda Jatim Periksa Penyebab Kecelakaan Kereta-Minibus di Lumajang
Kecelakaan yang melibatkan minibus dengan kereta api (KA) Probowangi di Lumajang, Jawa Timur.(Metro TV)

POLDA Jawa Timur (Jatim) menerjunkan tim khusus untuk mengungkap kecelakaan yang melibatkan minibus dengan kereta api (KA) Probowangi di perlintasan tak berpalang pintu di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Minggu (19/11) malam yang menyebabkan 11 orang tewas.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto menyatakan, tim yang diterjunkan terdiri dari satu Tim Traffic Accident Analysis (TAA) yang dipimpin oleh Ditlantas Polda Jatim dan satu Tim Laboratorium Forensik (Labfor) dipimpin oleh Kalabfor Polda Jatim.

“Tim TAA Lantas berangkat tadi malam, kalau tim dari Labfor pagi ini, mereka akan melakukan pemeriksaan tidak hanya saksi tapi juga lokasi kecelakaan,” kata Dirmanto di Surabaya, kemarin.

Baca juga: Tim DVI Identifikasi 10 dari 11 Korban Kecelakaan Di Lumajang

Tim TAA memiliki metode untuk menganalisa peristiwa kecelakaan. Dirmanto menjelaskan, proses analisa itu untuk menggali informasi berupa kronologi, informasi teknis, kondisi infrastruktur, pola kejadian, hingga kondisi pelaku kecelakaan baik secara fisik atau mental.

“Tujuannya untuk memperoleh kebenaran informasi tentang sebab-sebab terjadinya kecelakaan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk Tim Labfor Polda Jatim bertugas untuk menggali data di lokasi untuk kepentingan penegakan hukum secara ilmiah dan konsekuen.Hasil pendalaman dari Tim Labfor Polda Jatim nantinya bakal digunakan sebagai alat bukti yang dapat dipertanggungjawabkan karena dilakukan oleh ahli yang profesional.

Baca juga: 6 Meninggal, 9 Luka Berat dan Ringan dalam Lakalantas di Nongan

Sebagaimana diketahui, peristiwa kecelakaan yang melibatkan minibus dengan KA Probowangi di perlintasan tak berpalang pintu di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Minggu (19/11) malam yang menyebabkan 11 orang tewas . Peristiwa itu terjadi pada Minggu malam sekitar pukul 19.53 WIB.

Masinis KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng melaporkan bahwa kereta api yang dioperasikannya telah ditemper oleh sebuah minibus di perlintasan kereta api tidak terjaga yang berada di kilometer 137+9 petak jalan antara Stasiun Randuagung, Klakah.

Akibat insiden itu, KA Probowangi sempat berhenti dalam beberapa saat untuk memastikan bawa kondisi kereta api masih aman melanjutkan perjalanan setelah mengalami benturan keras.Anwar menyebut, KA Probowangi juga mengalami keterlambatan atas insiden tersebut. Sementara minibus telah dievakuasi oleh petugas.

“Akibat dari peristiwa tersebut, KA Probowangi mengalami kelambatan 13 menit berangkat dari lokasi. Sedangkan untuk minibus dan penumpangnya dievakuasi oleh petugas kepolisian bersama warga,” ucapnya.

Korban sebagian besar adalah warga Surabaya. Korban seluruhnya sudah dimakamkan di Surabaya, kemarin.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat