visitaaponce.com

Pemerintah Kabupaten Tapin Berhasil Turunkan Stunting

Pemerintah Kabupaten Tapin Berhasil Turunkan Stunting
Penjabat Bupati Tapin, Syarifuddin(MI/Denny Susanto)

PEMERINTAH Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan berhasil menurunkan angka stunting (tengkes) dari 33,5 persen pada 2022 menjadi 19 persen pada 2023. Keberhasilan penurunan stunting ini menjadi kado manis bagi kabupaten yang berulang tahun ke 58 tersebut.

Keberhasilan ini disampaikan Penjabat Bupati Tapin, Syarifuddin disela-sela perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 58 Kabupaten Tapin, di Rantau, Kamis (30/11).

"Dalam kurun waktu satu tahun terakhir angka stunting turun secara drastis. Ini merupakan prestasi atas kerja keras semua pihak yang menjadi kado istimewa bagi daerah," ungkapnya.

Berdasarkan hasil SSGI (Survei Status Gizi Indonesia) mencatat Kabupaten Tapin berhasil menurunkan stunting dari angka 33,5 persen pada 2022 menjadi 19 persen pada 2023. Prestasi penurunan stunting ini mengantarkan Pemkab Tapin meraih penghargaan dari pemerintah pusat yang diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Oktober lalu.

Lebih jauh Syarifuddin mengatakan Pemkab Tapin menargetkan penurunan stunting hingga mencapai angka nol di masa mendatang. Saat ini sudah ada 75 lokus stunting yang berada di sejumlah desa. Ia targetkan tahun depan akan merata di setiap desa dan kelurahan.

"Nantinya akan ditetapkan lokus stunting di 126 desa dan sembilan kelurahan. Penanganan stunting dilakukan menyeluruh dengan melibatkan semua lapisan masyarakat," ujarnya.

baca juga: Lelang Orangtua Asuh Anak Stunting di Cianjur Kumpulkan Rp347 Juta

Di samping penurunan stunting, Pemkab Tapin juga berhasil meraih universal health coverage (UHC) yang merupakan sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Kabupaten Tapin telah menjadi kabupaten UHC, dengan capaian 96,16 persen. "Mudah-mudahan akan tercapai target 98 persen di tahun depan. Insya Allah dengan barakat mufakat dan saling bahu membahu kita bisa menjadikan Kabupaten Tapin lebih maju, mandiri, sejahtera dan agamis," ungkapnya. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat