visitaaponce.com

Pemkab Humbahas Tambah Alat Berat untuk Evakuasi Lokasi Banjir Bandang

Pemkab Humbahas Tambah Alat Berat untuk Evakuasi Lokasi Banjir Bandang
Petugas menggunakan alat berat untuk evakuasi lokasi banjir bandang di Humbang Hasundutan, Sumut(MI/Apul Iskandar)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan terus berupaya memantau dan memerintahkan alat berat agar terus bekerja secara maksimal untuk mencari korban hilang akibat banjir bandang dan longsor yang terjadi di Simangulampe Baktiraja, Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Jumat (1/12)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Batara Franz Siregar mengatakan, alat berat terus ditambah termasuk breaker pemecah batu-batu besar untuk menyisihkan batu yang menghambat jalan. 

Ada 11 alat berat diturunkan untuk mengevakuasi lokasi bencana. Selain itu diturunkan K9 (anjing pelacak) dari Polda Sumut untuk mencari korban hilang.

Baca juga : Pengungsi Banjir Bandang Humbas Dipusatkan di Aula Kecamatan Baktiraja

"Langkah awal tentunya sudah menetapkan status tanggap darurat untuk 14 hari pertama. Para korban selamat ditempatkan di penampungan pengungsian dan disediakan pangan dan sandang," kata Batara dalam keterangannya, Senin (4/12).

Begitu juga tim Basarnas, BNPB, TNI, Polri termasuk masyarakat menyisir pinggiran Danau Toba untuk mencari korban. Kemudian Petugas Dinas Lingkungan Hidup dibantu masyarakat melakukan pengangkatan enceng gondok untuk memudahkan pencarian di Danau Toba.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Hassanudin  bersama Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kapoksahli Pangdam I/BB Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol didampingi Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SIK,Dandim 0210/TU Letkol Saiful Rizal telah meninjau lokasi bencana alam di Desa Simangulampe Baktiraja Humbang Hasundutan.

Baca juga : Pemkab Samosir Kebut Penataan Lahan Pertanian pasca-Banjir Bandang

Hassanudin mengatakan, untuk mengevakuasi lokasi bencana tersebut, akan dikerahkan segala peralatan yang ada supaya segera ditemukan para korban termasuk perbaikan akses jalan. Karena saat ini kondisi jalan menghubungkanKabupaten Humbang Hasundutan dengan Kabupaten Tapanuli Utara masih terputus.

“Segala upaya kita laksanakan, semoga cepat para korban ditemukan, mohon doanya supaya evakuasi terlaksana dengan baik,” kata Hassanudin.

Sebelum meninjau lokasi,Hassanudin bersama rombongan menemui para korban yang terdampak bencana di Aula Kantor Camat Baktiraja. Disana, Hassanudin menyampaikan kata-kata penghiburan dan semangat kepada masyarakat agar tetap kuat dan sabar menghadapi bencana itu. 

Baca juga : Banjir Bandang Hanyutkan Rumah Warga ke Danau Toba

Ia memastikan, Pemerintah akan memberikan bantuan untuk keperluan masyarakat yang terdampak bencana.

"Kita harus berdoa, supaya diberikan Tuhan kekuatan, kesehatan dan kesabaran. Kita harus sama-sama berdoa, supaya para korban segera ditemukan,” ujar Hassanudin.

Dalam kesempatan itu, Hassanudin juga memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat terdampak bencana. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat