visitaaponce.com

Kreativitas Siswa Highscope Hasilkan Donasi Ratusan Pasang Sepatu untuk Anak-anak di Pedalaman

Kreativitas Siswa Highscope Hasilkan Donasi Ratusan Pasang Sepatu untuk Anak-anak di Pedalaman
Siswa-siswi di NTT yang menerima ratusan pasang sepatu(dok: Bumi Insan Mandiri)

 

Siswa-siswi Highscope TB Simatupang, mengekspresikan kreativitas mereka dalam bentuk karya seni. Karya-karya ini kemudian dijual, dan semua hasilnya didonasikan untuk membeli ratusan pasang sepatu bagi anak-anak di wilayah pedalaman NTT.

Melalui Yayasan Insan Bumi Mandiri, siswa Highscope TB Simatupang telah menyalurkan 201 pasang sepatu ke dua sekolah di pedalaman provinsi tersebut. Sebanyak 101 pasang sepatu telah sampai ke SD Negeri Folangkai di Kabupaten Alor, dan 100 pasang sepatu lainnya sedang dalam perjalanan menuju SD Negeri Inpres Mbay, Kabupaten Nagekeo.

Luluq Baraqbah, guru seni rupa Highscope TB Simatupang sekaligus penggagas projek ini, mengatakan siswa-siswinya hidup dalam privilege dan kenyamanan finansial. Terlibatnya mereka dalam isu-isu kemiskinan di negeri ini, kata dia, tentu akan memberi dampak positif bagi mereka, calon pemimpin bangsa. “Selain menanamkan empati dan kepekaan sosial, proyek ini memberi dampak positif pada perkembangan psikologis mereka. Proyek ini telah mengajarkan mereka bahwa kebahagiaan justru datang saat memberi bukan menerima.”

Luluq menyebut integrasi pelajaran seni dan isu kemanusiaan adalah proyek yang senantiasa ia hadirkan setiap tahunnya di sekolah ini. Pada 2019, bersama murid-muridnya, lelang lukisan para siswa dilakukan sebagai wujud kepedulian pada penambang belerang di Kawah Ijen, Jawa Timur.

Pada 2020, mereka juga menggelar pameran lukisan virtual agar siswa mampu menyuarakan perasaan mereka di tengah sulitnya situasi akibat pandemi Covid-19, khususnya dalam hal kesehatan mental para siswa saat itu.

Astridiani Tantiyoko, guru seni rupa yang juga terlibat dalam proyek donasi sepatu ini, mendorong anak-anak Highscope TB Simatupang untuk menulis surat yang berisi harapan kepada teman-teman sebaya di pedalaman. Melalui kata-kata empati, mereka berbagi cerita tentang karya seni yang dihasilkan dan memberikan semangat menuntut ilmu kepada para penerima sepatu baru.

Program penyaluran alat sekolah ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah dan komunitas lainnya untuk turut serta berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan anak-anak di daerah pedalaman Indonesia.

Melalui keterangan rsminya, Insan Bumi Mandiri juga mengajak para pihak, baik individu, perusahaan, atau lembaga, untuk bergabung dalam program serupa dan mendukung penyaluran fasilitas pendidikan lainnya. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat