visitaaponce.com

Sepi Peminat, Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru Pelni di Makassar

Sepi Peminat, Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru Pelni di Makassar
Kapal Pelni di Pelabuhan Makassar, Sulsel, beberapa waktu lalu.(MI/Lina Herlina)

MUDIK gratis libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 yang diadakan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan Kemenhub di Makassar, Sulawesi Selatan, minim peminat. 

Dari Kota Makassar, Sulsel, diketahui ada kuota sebesar 1.400 orang tujuan Surabaya, Jatim dan Bau-bau, Sulawesi Tenggara. 

"Hingga H-1 keberangkatan mudik gratis ke Surabaya, kuota terisi masih sekitar 25 orang, sehingga kita beri saja gratis kepada penumpang tujuan mudik gratis, asalkan bisa menunjukkan identitas resmi deperti KTP  atau SIM, hingga kuota terisi penuh," ungkap Kepala PT Pelni (Persero) Cabang Makassar, Muhamad Jabir, Senin (19/12).

Baca juga : Pelni Sediakan Mudik Gratis untuk Periode Nataru 2023-2024

Jabir menjelaskan, program mudik gratis ini tidak hanya dilakukan saat hari raya Lebaran saja, tapi juga Natal. Untuk wilayah kita (Makassar) ada  tiga rute, satu  kali Makassar-Surabya, dan dua kali rute Makassar-Bau-bau. 

"Kami di sini  selaku operator dari Kemenhub," katanya.

Untuk rinciannya, mudik gratis tujuan Makassar-Surabaya, dengan kuota 400 orang, berangkat 20 Desember 2023 dengan Kapal Motor (KM) Gunung Dempo. Lalu rute Makassar-Bau-bau dengan  dua  keberangkatan, pada 22 Desember 2023 dengan KM Ngapulu, dan 23 Desember 2023 KM Tidar, dengan masing-masing kuota 500 orang.

Baca juga : Menhub Soroti Perjalanan Wisata Nataru dan Kelaikan Armada Transportasi

Ada pun syarat dan ketentuan peserta mudik gratis itu yaitu berusia minimal 58 tahun, pelajar atau mahasiswa dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa. Bagi keluarga tidak mampu, membawa surat keterangan tidak mampu dari RT setempat. Dan jumlah maksimal peserta dalam satu keluarga maksimal empat  orang terdiri atas dua dewasa dan dua anak.

Salah satu calon penumpang tujuan Bau-bau, Tina, yang akan berangkat bersama anaknya mengaku tidak tahu dengan adanya program mudik gratis tersebut. Tapi setelah tiba di loket penjualan tiket Pelni di Jalan Sawerigading baru mendapat informasi jika ada program tersebut.

"Alhamdulillah, itu sangat membantu kami untuk pulang ke kampung. Ini sedang mencoba mmendaftar secara online dan sedang proses," kata Tina.

Baca juga : Kadin: Perputaran Uang Selama Libur Nataru Capai Rp80,25 Triliun

Di luar program mudik gratis PT Pelni yang bekerja sama dengan Kemenhub itu, ada 18 kapal, terdiri dari 15 kapal penumpang dan 3 kapal perintis yang beroperasi untuk melayani menumpang selama Nataru ini.

"Kami memang memprediksi kenaikan penumpang Naratu ini bisa mencapai 30%, dan lebih banyak ke arah timur. Tapi dengan jumlah armada yang masing-masing bisa menampung 2.000 penumpang, tidak akan ada masalah," pungkas Jabir. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat