visitaaponce.com

Ayep Zaki Buktikan Potensi Budi Daya Melon di Sukabumi

Ayep Zaki Buktikan Potensi Budi Daya Melon di Sukabumi
H Ayep Zaki (kanan) dan Gubernur ABN NasDem IGK Manila (dua dari kanan) saat panen melon di Sukabumi, Jabar.(Dok Pribadi)

POTENSI besar sektor pertanian di Sukabumi, Jawa Barat dibuktikan Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem, H Ayep Zaki. Budi daya buah melon merupakan salah satu potensi yang bisa dikembangkan dengan baik.

Terlebih hal itu dilakukan untuk membangun ekonomi masyarakat secara nyata. Di sisi lain potensi tersebut membutuhkan figur kepemimpinan agar perkembangannya semakin baik.

“Sistem greenhouse saya pilih agar tanaman dapat terlindungi dari hama serangga, serta penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan. Tujuannya hasil panen serta produksi tanaman lebih stabil dan berkualitas,” ungkap Ayep Zaki seusai memanen melon di kawasan wilayah Lodaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ayep Zaki menerangkan budi daya dengan sistem green house ini tidak mengenal musim. Jadi selama setahun penuh bisa terus tanam tanpa khawatir dengan perubahan musim.  

Suwarto, yang sehari-hari mengurus kebun budi daya PT Doa Bangsa Agrobisnis (DBA) Plantation di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, menuturkan keberadaan Ayep Zaki sangat dibutuhkan untuk membangun ekosistem pertanian.

"Pak Ayep ini mempunyai program yang luar biasa, yaitu ingin menata kebaikan. Dengan program menata kebaikan ini, kita bisa berbuat seluas-luasnya untuk kemakmuran di jalur pertanian," kata Suwarto yang menjadikan melon sebagai salah satu primadona budi daya.

Ia berharap Ayep Zaki terus menguatkan komitmen membangun ekosistem pertanian saat nanti sudah berada di Senayan. Karena dari peran Ayep di Sukabumi bukan sekadar wacana melainkan sudah berbentuk perwujudan program sejak lama.

"Jadi saya melihat sosok beliau itu adalah figur pemimpin yang patut kita hargai," tutur Suwarto lagi saat menilai caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Sukabumi Raya nomor urut 1 tersebut.

Sebelumnya Ayep Zaki telah melaksanakan panen perdana melon varietas Inthanon RZ di lahan Green house seluas 512 m2. Ayep meyakini budi daya dengan sistem greenhouse tersebut dapat membantu meningkatkan produktivitas para petani. (RO/O-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eko Suprihatno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat