visitaaponce.com

Pj Gubernur Safrizal Maksimal 3 Jam Uji Avian Influenza pada Unggas Tuntas

Pj Gubernur Safrizal : Maksimal 3 Jam Uji Avian Influenza pada Unggas Tuntas
Pj Gubernur Bangka Belitung Safrizal ZA(MI/HO)

SEJALAN dengan tingginya permintaan konsumen terhadap berbagai unggas menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan terobosan dengan beroperasinya real time PCR di Laboratorium Veteriner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

"Alhamdulillah, Babel kini sudah memiliki alat canggih real time yang mampu mendeteksi penyakit avian influenza pada unggas, 2-3 jam sudah keluar hasilnya. Insyaallah, pasokan unggas terjamin baik kualitas maupun kuantitasnya jelang Nataru ini," ungkap Pj Gubernur Bangka Belitung Safrizal ZA dalam keterangan pers.

Penyakit avian influenza masih menjadi momok bagi para peternak unggas. Hal ini menjadi wajar mengingat banyaknya ternak unggas dewasa (ayam broiler lebih dari tiga minggu, ayam petelur dan ayam afkir) yang masuk ke Provinsi Kep Bangka Belitung.

Baca juga: Kostrad Bangun 20 Titik Air Bersih Tersebar di Wilayah Kepulauan Bangka Belitung

"Instrumen pencegahan menjadi sangat penting. Jangan sampai muncul kluster AI pada unggas di Babel. Saya minta Bupati/Wali Kota melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan masing-masing untuk melakukan monitoring secara ketat di lapangan. Fasilitas dari Pemprov manfaatkan, jangan tunggu baru ada kejadian baru bereaksi", sambung Safrizal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk para pemasok unggas dari luar Babel, adalah memenuhi persyaratan seperti unggas tidak menunjukkan gejala klinis HPAI (High Patogenic Avian Influenza), tersedianya penampungan khusus untuk segera dilakukan pemotongan, dan tidak dibudidayakan lagi.

Baca juga: Stok Minyak Goreng dan Gula Pasir Kosong di Pangkalpinang

"Inovasi-inovasi dan berbagai terobosan sedang dan akan terus kita lakukan, utamanya terkait dengan sektor pertanian dan ketahanan pangan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya pengendalian inflasi dan percepatan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Pj Gubernur Babel yang akrab disapa Saf itu. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat