visitaaponce.com

UAS Ceramah di PLTD Apung Banda Aceh, Saksi Dahsyatnya Tsunami Aceh

UAS Ceramah di PLTD Apung Banda Aceh, Saksi Dahsyatnya Tsunami Aceh
Ustad Abdul Somad (UAS) mengisi ceramah di PLTD Apung Banda Aceh, Aceh.(Medcom.id/Fajri Fatmawati)

USTAZ Abdul Somad (UAS) mengisi ceramah di PLTD Apung Banda Aceh, salah satu lokasi terdampak tsunami Aceh pada tahun 2004. Ribuan umat Islam menghadiri tabligh akbar tersebut.

Ceramah UAS yang bertajuk "Meneladani Semangat Aceh Bangkit dari Tsunami" ini dihadiri oleh ribuan umat Islam dari di Banda Aceh. Mereka memadati lokasi PLTD Apung Banda Aceh sejak pukul 08.00 WIB.

Dalam ceramah tersebut, UAS menyampaikan pesan-pesan moral, khususnya umat Islam di Aceh. Ia mengajak umat Islam untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Baca juga : SBY Mengenang Tsunami Aceh, Ujian Pertamanya sebagai Pemimpin

Ia juga mengajak umat Islam untuk senantiasa bersatu dan saling membantu, terlebih di tengah berbagai tantangan yang dihadapi saat ini.

UAS juga menyampaikan pesan untuk selalu mengenang peristiwa tsunami Aceh. Ia mengajak masyarakat Aceh untuk menjadikan peristiwa tersebut sebagai pelajaran untuk selalu waspada terhadap bencana alam.

"Mari kita jadikan peristiwa tsunami Aceh sebagai pelajaran untuk selalu waspada terhadap bencana alam. Kita juga harus selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT," kata UAS.

Baca juga : 5 Fakta Bencana Tsunami Aceh dalam Angka

Ceramah UAS di PLTD Apung Banda Aceh berlangsung selama dua jam. Ceramah tersebut ditutup dengan doa bersama untuk para korban tsunami Aceh.

Ceramah UAS di PLTD Apung Banda Aceh pun mendapat sambutan yang positif dari masyarakat Aceh. Salah seorang warga Banda Aceh, Zulfah Jasmina, mengatakan bahwa ceramah UAS sangat bermanfaat. Ia mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari ceramah tersebut.

"Saya sangat terinspirasi oleh ceramah Ustadz Abdul Somad. Beliau menyampaikan pesan-pesan yang sangat bermanfaat," kata Zulfah. 

Baca juga : 7 Tempat untuk Mengenang Bencana Tsunami Aceh 2004 

Ia mengaku sangat antusias dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh UAS karena ceramah yang disampaikan dengan gaya penyampaian yang humoris. 

"Beliau mengajak kita untuk selalu mengingat para korban tsunami Aceh," ujarnya.

 

Tsunami Aceh Seret PLTD Apung Seberat 2.600 Ton ke Darat

Untuk diketahui, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung merupakan saksi bisu akan tsunami dahsyat yang telah menerjang Aceh. 

Baca juga : 19 Tahun Tsunami Aceh, Puluhan Ribu Nelayan Libur Melaut untuk Bertafakur

Sebuah kapal dengan panjang 63 meter dan berat 2.600 ton ini memiliki mesin pembangkit listrik yang kekuatan dayanya mencapai 10,5 megawatt. 

Bagai menggunakan sihir, gelombang tsunami yang maha dasyat mampu menyeret kapal PLTD Apung terseret hingga 3 kilometer ke pusat kota Banda Aceh yang sebelumnya berada di laut tepatnya di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue. Hingga saat ini kapal berlokasi di Desa Punge Blang Cut, Kota Banda Aceh. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat