visitaaponce.com

Hadi Tjahjanto Dampingi Presiden Jokowi Bagikan 2.000 Sertifikat PTSL di Cilacap

Hadi Tjahjanto Dampingi Presiden Jokowi Bagikan 2.000 Sertifikat PTSL di Cilacap
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri ATR?BPN Hadi Tjahjanto menyerahkan 2.000 sertifikat tanah di Cilacap, Jateng(MI/HO)

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menyerahkan 2.000 sertifikat tanah di GOR Premium Pertamina Cilacap, Selasa (2/1).

Baca juga: Menteri ATR Pesan Kepada Masyarakat agar Menjaga Sertifikat Redistribusi dengan Baik

Sertifikat tersebut diserahkan secara langsung kepada 10 perwakilan dari masyarakat penerima sertipikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah.

Presiden menjelaskan sertifikat ini memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah. Sehingga, potensi sengketa tanah tidak terjadi ke depan.

"Ini bukti hak hukum atas tanah, kalau pegang sertifikat ada yang ngaku-ngaku tanah saya buktinya ini, di sini ada semuanya," jelasnya.

Baca juga: Kementerian ATR Pastikan HGU bukan Kawasan Hutan

Presiden menyebut dirinya kerap menerima laporan dari masyarakat mengenai sengketa tanah sejak 2015. Laporan ia terima ketika bekunjung ke sejumlah desa.

"Selalu orang berkeluh kesah masalah sengketa lahan dan tanah, konflik lahan dan tanah. Penyebabnya apa? Masyarakat belum memiliki sertifikat tanah," tuturnya.

Oleh sebab itu, Kepala Negara pastikan masyarakat yang telah memegang sertifikat tidak bisa digugat. Ia juga berpesan untuk bersikap bijak apabila hendak menggadaikan atau menyekolahkan sertifikat.

"Saya titip hati-hati pegang sertifikat ini kalau mau dipakai jaminan atau agunan itu diitung betul bisa bayar apa ndak jangan sampai keleru ngitung," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Hadi Tjahjanto melaporkan, sebanyak 2.000 sertifikat yang diserahkan kali ini terdiri dari 1.122 sertipikat hasil PTSL kepada masyarakat di Kabupaten Cilacap dan Banyumas, serta 878 sertifikat hasil redistribusi tanah kepada masyarakat di Kabupaten Cilacap yang bersumber dari tanah timbul. "Sertipikat Redistribusi yang bersumber dari tanah timbul ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia," ujar Hadi.

Hadir dalam kesempatan ini, Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana dan Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni. (Ant/P-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat