visitaaponce.com

Bawaslu Padang Panjang Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan SuaraPemilu 2024

Bawaslu Padang Panjang Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024
Warga melakukan tahap-tahap menggunakan hak suara saat simulasi pemungutan suara Pemilu 2024.(MI/USMAN ISKANDAR)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang gelar Rapat Pengawasan serta Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Auditorium Mifan Waterpark, Minggu (28/1).

Simulasi pemungutan suara berlangsung pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan suara mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Plh. Ketua Bawaslu Padang Panjang Winda Aprizona menyampaikan, simulasi ini dilaksanakan sebagai bahan persiapan, bahan evaluasi dan sebagai salah satu upaya mengatasi masalah yang sering muncul saat pelaksanaan Pemilu nanti.

Baca juga: Anies Pede Raup Suara di Jakarta

"Kita mengadakan kegiatan ini guna sebagai kesiapan untuk menghadapi Pemilu 2024. Apa masalah yang sering terjadi, kita simulasikan hari ini dan kita bahas setiap permasalahan yang ada," jelas Winda.

Dalam simulasi ini menghadirkan Pengawas Kelurahan Desa, Panwascam beserta jajaran, PWI dan Dinas Kominfo.

Sementara itu Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Padang Panjang, Gunawan, selaku narasumber menyampaikan substansi pengaturan pedoman teknis pemungutan dan perhitungan suara pemilu. Di mana dalam pemilu nanti jumlah surat suara, harus sama dengan pemilih.

Baca juga: PKS: Pemilu Bukan Sekadar Pertarungan Kekuasaan

"Kunci utama dalam surat suara jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih harus sama dengan jumlah surat suara yang digunakan. Harus sama dengan jumlah total suara sah dan tidak sah. Ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua," katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat