visitaaponce.com

Masifnya Bagi-Bagi Bansos Picu Kenaikan Harga Telur dan Beras

Masifnya Bagi-Bagi Bansos Picu Kenaikan Harga Telur dan Beras
Beras bansos(Antara)

GENCARNYA pembagian bantuan sosial (bansos) berupa bahan pangan dari pemerintah pada masyarakat memicu kenaikan harga sejumlah komoditas seperti telur dan beras di Purwokerto, Jawa Tengah dalam sepekan terakhir. Besarnya kenaikan rata-rata mencapai Rp3.000 per kilogram untuk telur dan Rp1.000 per kilogram untuk beras.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional Purwokerto pada Selasa (30/1), harga telur yang semula di kisaran Rp 24 ribu - 24 ribu per kilogram, dalam tiga hari naik di kisaran Rp27 ribu-Rp28 ribu per kilogram. Sedangkan harga beras medium yang pada pekan lalu di kisaran Rp 15ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp16 ribu per kg.

"Kemungkinan karena ada pembagian bansos belakangan ini, terutama beras, sehingga membuat harga beras juga naik," ujar Yudi,40, salah seorang pedagang beras di daerah Purwokerto.

Baca juga : Koordinasi ke Kemensos, Bawaslu Telusuri Bansos Berstiker Prabowo-Gibran

Eka Candra,50, salah seorang pedagang beras di Pasar Wage Purwokerto, menduga, kenaikan harga beras juga dipicu kondisi cuaca yang tidak menentu, sehingga panen padi di tingkat petani berkurang. Soalnya, belakangan ia mengaku agak kesulitan mendapatkan pasokan beras, dan harga dari pemasoknya memang sudah naik.

"Kenaikan harga beras sebenarnya sudah terjadi sejak awal tahun secara bertahap. Namun dalam sepekan ini naik lagi rata-rata Rp1.000 per kilogram. Jadi yang semula Rp15 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp16 ribu per kg, itu kualitas yang biasa,"kata dia.

Baca juga : Inflasi Pangan Bergejolak, Menkeu: Fokus Pemerintah Jaga Daya Beli

Suti,52, salah seorang warga Purwosari, Kecamatan Purwokerto Utara, mengaku membeli telur dengan harga Rp 28 ribu per kg di Pasar Cermai Purwosari pada Selasa (30/1). Padahal dua hari sebelumnya, harga telur masih ia dapatkan dengan harga Rp 25 ribu per kg di tempat yang sama, pada pedagang yang sama pula.

Anto,30, salah seorang pedagang sembako di Pasar Wage mengaku masih menjual telur dengan harga Rp 27 ribu per kg. Harga tersebut naik dari tiga hari sebelumnya yang masih di kisaran Rp 24 ribu- 25 ribu per kg.

Di sisi lain, Winarsir,49, warga Kecamata Purwokerto Selatan mengaku senang karena pada hari ini, Selasa (30/1) mendapatkan bantuan pangan berupa beras dari pemerintah sebanyak 10 kilogram. Padahal sebelumnya, meski dalam kondisi miskin, ia tidak pernah menerima bantuan apapun.

"Saya sangat senang dan bersyukur karena mendapat bantuan beras yang dibagikan hari ini, Selasa (30/1),"ujar Winarsih. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat