visitaaponce.com

KPU Purbalingga Lakukan Mitigasi di 3 TPS Rawan Bencana

KPU Purbalingga Lakukan Mitigasi di 3 TPS Rawan Bencana
Warga mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) Pemilu 2024.(ANTARA/MAULANA SURYA)

KPU Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) melakukan mitigasi terhadap tempat pemungutan suara (TPS) yang rentan dengan bencana. Setidaknya ada tiga TPS yang masuk kawasan rawan bencana yakni di Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol.

Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Purbalingga Catur Sigit Prasetyo mengatakan berdasarkan hasil mitigasi yang dilakukan KPU Purbalingga bersama BPBD setempat diketahui ada beberapa TPS yang berada di daerah rawan bencana. Khususnya adalah bencana tanah longsor.

"Ancaman bencana tanah longsor berada di Kecamatan Karangmoncol dan Karangjambu. Salah satunya di Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, terdapat 3 TPS yang berada di daerah rawan longsor," jelas Catur di sela-sela kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Pemilu 2024 yang digelar di halaman Sekretariat KPU Kabupaten Purbalingga, Selasa (30/1).

Baca juga: Bawaslu Klaim Bakal Maksimalkan Pengawasan di TPS

Menurutnya, mitigasi dilaksanakan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana khususnya di wilayah rawan longsor.

"Mitigasi sudah kami lakukan di setiap daerah. Kami juga telah berkoordinasi dengan BPBD Purbalingga untuk TPS-TPS yang rawan bencana," ujarnya.

Dijelaskan oleh Catur, sebetulnya yang paling diwaspadai adalah pada saat distribusi logistik.

"Hal yang paling diwaspadai berkaitan dengan distribusi logistik karena biasanya longsor menutupi jalan, sehingga distribusi logistik bisa terhambat," ujarnya.

Baca juga: WNI Luar Negeri Lebih Suka Datang Langsung ke TPS

Khususnya TPS yang berada di lokasi rawan bencana longsor, maka para petugas panitia pemungutan suara (PPS) harus terus memantau."Kami telah menyiapkan skenario untuk memindahkan TPS ke lokasi yang aman jika terjadi bencana longsor. Di antaranya dengan memindahkan dari RT yang satu ke RT sebelah tetapi titiknya masih di sekitaran itu saja," tambahnya.

Distribusi logistik dari KPU Kabupaten ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) akan dilaksanakan mulai H-7 Pemungutan Suara Pemilu 2024. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat