visitaaponce.com

BNPB-BPBD Buka Posko Libur Nataru untuk Antisipasi Bencana

BNPB-BPBD Buka Posko Libur Nataru untuk Antisipasi Bencana
Ilustrasi(MI/Adam Dwi)

Memasuki peralihan musim kemarau menuju musim hujan, terdapat sejumlah potensi bencana hidrometeorologi basah, termasuk pada periode Libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Oleh karena itu, BNPB bersama BPBD membuka posko libur Nataru di wilayah Jawa, Bali dan Lampung terhitung mulai 22 Desember hingga 31 Desember 2023. Lokasi-lokasi itu dipilih karena menjadi kawasan jalur mudik utama dan juga destinasi wisata yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

“Petugas yang bersiaga juga turut bergabung dan terlibat dalam posko penanggulangan bencana nataru bersama BPBD Provinsi, BPBD Kabupaten/Kota, TNI/Polri, dan Kementerian Lembaga lainnya. Selain bersiaga, tim juga akan ikut melakukan pemantauan berbagai potensi pusat keramaian diantaranya objek wisata sungai, objek wisata pantai, dan objek wisata pengunungan,” ujar Kepala BNPB Suharyanto, Sabtu (23/12).

Baca juga: Kemenkes Siapkan 2 Ribu Posko Pelayanan Kesehatan Jelang Libur Nataru

Sebagai informasi, di wilayah Jawa Tengah akan disiapkan 13 titik pos pantuan penanggulangan bencana yang tersebar di jalur Pantai Utara (Pantura), Pantai Selatan (Pansela) dan jalur tengah dan jalan tol.

Adapun, di Bali, ada 20 pos pengamanan yang tersebar di Denpasar, Buleleng, Tabanan, Gianyar, Jembranam Klungkung, Bangli dan Badung. Kemudian, ada 12 titik lagi yang tersebar di Denpasar, Buleleng, Tabanan, Gianyar, Karangasem, Jembrana, Klungkung, Bangli, Badung dan Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sedangkan, Pos Terpadu ada di 2 titik yakni Pelabuhan Padangbai Karangasem dan Pelabuhan Gilimanuk Jembrana.

Baca juga: Borobudur Siap Sambut Wisatawan saat Liburan Akhir Tahun

Masyarakat diiimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam periode libur nataru. Salahsatunya sebelum bepergian hendaknya memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG dan mengecek peta jalur mudik aman bencana melalui InaRisk BNPB. (Des)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat