visitaaponce.com

BPBD Kota Tangerang Bentuk 45 Kelurahan Tangguh Bencana

BPBD Kota Tangerang Bentuk 45 Kelurahan Tangguh Bencana
Ilustrasi.(ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA)

GUNA menanggulangi terjadinya bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang membentuk 45 Kelurahan Tangguh Bencana.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan mengatakan, pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana bertujuan untuk mencegah dan menyiagakan kemampuan mandiri saat terjadinya bencana.

Bahkan Kelurahan Tangguh Bencana, katanya, juga bisa memulihkan keadaan jika bencana tersebut merugikan masyarakat. Sehingga, daerah yang terdampak cepat kembali normal seperti semula.

Baca juga : Peringati HKB 2024, BPBD Klaten Gelar Simulasi Kesiapsiagaan dan Penanganan Bencana Gempa Bumi

“Setiap Kelurahan Tangguh Bencana kami latih agar memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman bencana di wilayahnya," kata Maryono, Kamis (4/7).

Selain itu, Kelurahan Tangguh Bencana juga mampu mengorganisir sumber daya masyarakat dalam mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas resiko bencana.

Maryono menjelaskan, pihaknya juga memberikan sejumlah sarana prasarana dalam menangani bencana tersebut, seperti pelampung dan perahu karet.

Di samping itu, setiap tahun juga akan ada edukasi atau sosialisasi kepada seluruh Kelurahan Tangguh Bencana untuk meningkatkan kompetensi atau kemahiran masyarakat dalam penanganan bencana.

Adapun penentuan Kelurahan Tangguh Bencana dilakukan berdasarkan kerawanan satu wilayah dalam menghadapi bencana yang kerap datang setiap tahun. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat