visitaaponce.com

Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Agung Dievakuasi Tim SAR Gabungan

Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Agung Dievakuasi Tim SAR Gabungan
Alami Hipoterma, Pendaki Gunung Agung Dievakuasi Tim SAR Gabungan.(Dok. Basarnas Bali)

PENDAKI perempuan, Luh Asri Ningsih Widi Nurjaya, 23, mengalami hipotermia saat mendaki Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu (11/2). Kejadian bermula ketika perempuan asal Desa Jagaraga, Kabupaten Buleleng ini mendaki Gunung Agung pada Jumat (9/2) sekitar pukul 13.00 Wita.

Luh Asri mendaki bersama sembilan orang rekannya melalui jalur pendakian Pura Pengubengan, Desa Besakih, Kecamatan Rendang.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana menerangkan bahwa Basarnas menerima laporan pada Minggu dini hari pukul 02.45 Wita dari ayah korban dan langsung menerjunkan personel menuju lokasi kejadian.

Baca juga : Lima Pendaki Dievakuasi dari Gunung Agung Akibat Kelelahan

"Korban mengalami hipotermia dan terkilir pada ketinggian 1.760 MDPL, selanjutnya Tim SAR Gabungan melaksanakan evakuasi pada koordinat yang telah ditentukan," imbuhnya.

Kondisi korban masih stabil namun kaki terkilir, korban lalu digendong menuju pos 1 pada ketinggian 1.500 MDPL, setibanya di bawah, korban langsung dievakuasi menuju Puskesmas Desa Rendang.

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar, I Nyoman Sidakarya mengucapkan terima kasih kepada segenap unsur SAR yang telah terlibat dalam proses evakuasi.

Baca juga : Operasi Pencarian Korban Gunung Marapi Dihentikan

"Saya mengucapkan terima kasih atas tugas kemanusian kepada rekan - rekan potensi SAR yang telah terlibat," terangnya.

Sidakarya juga mengimbau kepada para pendaki agar mengikuti imbauan dari petugas pengelola pendakian. Selain itu diperlukan juga fisik yang prima dan perbekalan yang memadai saat melaksanakan pendakian. Proses evakuasi turut melibatkan BPBD Karangasem, Polsek Rendang serta Pemandu Lokal.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat