visitaaponce.com

Harga Beras Kemungkinan Masih akan Terus Melonjak

Harga Beras Kemungkinan Masih akan Terus Melonjak
Ilustrasi.(MI/SUSANTO)

PARA pedagang memprediksi harga beras di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) masih akan terus mengalami lonjakan. Padahal, saat sekarang harga beras telah mencapai Rp16 ribu untuk jenis IR 64 kelas medium.

Salah seorang pedagang di Pasar Manis, Purwokerto, Tri Murni, 50, mengatakan kemungkinan harga beras akan naik kembali. Saat ini harga sudah sangat tinggi mencapai Rp16 ribu per kg. Padahal, harga eceran tertinggi (HET) baru mencapai Rp10.900 per kg.

"Harga beras saat ini Rp16 ribu dan kemungkinan akan naik kembali. Kenaikan tersebut sudah terjadi sejak dua bulan terakhir, dan kenaikannya dari mulai Rp500 hingga Rp1.000 per kg.  Ini kemungkinan masih bisa naik lagi, apalagi informasinya padi di sawah masih belum menguning, belum lagi cuaca hujan dan di banyak daerah pada belum panen," jelasnya pada Selasa (13/2).

Baca juga : Pedagang Banyumas Kesulitan Peroleh Pasokan Beras, Harga Masih Rp16 Ribu/Kg

Dengan kondisi itu, maka Pemkab Banyumas akan segera melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk mengantisipasi lonjakan harga beras di pasar.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Banyumas Junaidi mengatakan sebetulnya penyaluran beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) dari Bulog ke pasar-pasar tradisional masih tetap dilakukan. Dan seharusnya tidak ada kelangkaan beras.

"Seharusnya harga itu tidak naik karena suplainya tetap dan kebutuhan relatif stabil karena saat sekarang tidak ada event apa pun, sehingga kondisinya harusnya normal. Tetapi stok pangan sebetulnya cukup. Kita bersama dengan Satgas Pangan Polresta Banyumas dan Kejari Purwokerto akan melakukan pengawasan pasar," tambahnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat