visitaaponce.com

Pemilih Pemula yang Nyoblos di Gowa Sulsel dapat Coklat Valentine

Pemilih Pemula yang Nyoblos di Gowa Sulsel dapat Coklat Valentine
Pemilih Pemula yang Nyoblos dapat Coklat Valentine.(Dok. MI/Lina)

KELOMPOK Pemungutan Pemilihan Suara (KPPS) di Tempat Pemilihan Suara (TPS) 018 di Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menyediakan cokelat batang bagi pemilih pemula di hari pencoblosan Pemilu 2024, Rabu (14/2).

Puluhan cokelat batang yang disediakan petugas TPS dihiasi pita berwarna merah muda. Cokelat itu dibagikan setelah pemilih selesai mencoblos dan mencelupkan jari di botol tinta.

Petugas PPS Kelurahan Pandang-Pandang, Lili Ernayanti mengatakan, mereka sengaja menyediakan cokelat batang bagi pemilih pemula sebagai penyemangat agar mereka datang ke TPS dan menyalurkan hak suara.

Baca juga : Jelang Penghitungan Suara, Bawaslu Temukan Banyak Masalah

"Kebetulan bertepatan hari valentine. Ini salah satu cara kami memperkenalkan dan melestarikan kearifan lokal Kabupaten Gowa. Di TPS 18 Kelurahan Pandang-Pandang ini, terdapat 256 daftar pemilih tetap (DPT). Waktu pencoblosan dibuka hingga pukul 12.00 Wita. Panitia juga melayani pemilih yang tidak menerima undangan memilih. Cukup membawa KTP dan melapor ke PPS," kata Lili.

Salah seorang pemilih pemula bernama Nurul Insania, 17 yang mendapatkan cokelat batang, mengaku senang dengan konsep yang dijalankan petugas TPS Pandang-Pandang.

Menurutnya, hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda agar segera ke TPS di hari pencoblosan. "Senang sekali dapat cokelat," katanya.

Baca juga : Menteri PUPR Dijadwalkan Mencoblos di TPS 161 Kemang Pratama

Selain menyediakan cokelat, petugas TPS 18 Pandang-Pandang juga kompak mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar. Tampak petugas laki-laki mengenakan pakaian adat berupa jas tutup lengkap dengan penutup kepala patonro, sedangkan petugas perempuan mengenakan baju bodo, untuk mengangkat kearifan lokal.

Meski demikian, ratusan pemilih lain di TPS tersebut tetap datang menyampaikan aspirasinya. Jumlah TPS d Gowa yang tersebar di 18 kecamatan sebanyak 2.133 TPS dari 561.624 daftar pemilih tetap.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat