visitaaponce.com

Naik Lagi, Harga Beras Medium di Badung Tembus Rp16 RibuKg

Naik Lagi, Harga Beras Medium di Badung Tembus Rp16 Ribu/Kg
Ilustrasi beras(MI/Adi Kristiadi)

HARGA  beras medium di Kabupaten Badung, Bali kembali melonjak menjadi Rp16 ribu/kg. Lonjakan harga ini yang keempat kalinya dalam sepuluh hari terakhir.

Dari pantauan di sejumlah pedagang pasar Desa Dalung dan sekitarnya, Kecamatan Utara menunjukkan kenaikan harga terjadi hanya berselang dua hari yang sebelumnya sudah naik jadi Rp15.500/kg.

Untuk kemasan 5 kg beras medium yang sebelum terjadi gejolak bertahan di harga Rp66 ribu/5 kg, lalu berturut-turut naik jadi RRp69 ribu, lanjut Rp70.500, dan berselang beberapa hari kembali naik jadi Rp71.500, hingga akhirnya Rabu (14/2) menembus harga Rp75.500/5 kg.

Baca juga : Harga Cabai Besar dan Beras Masih Bertahan Mahal

“Ya naik lagi jadi Rp75.500 untuk kemasan 5 kilo (kilogram). Kalau ecerannya Rp16 ribu per kilo,” ujar Aria, seorang penjual di toko grosir di kawasan Perumahan Dalung Permai, Kuta Utara. Sedangkan untuk beras premium seperti Ratu, Putri Sejati harganya sudah menyentuh Rp80 ribuan/5 kg.

Sementara itu harga komoditas lain yang masih bertahan mahal yakni cabai besar merah yakni Rp75 ribu/kg. Sementara cabai rawit jauh lebih muurah Rp48 ribu/kg. Sedangkan bawang merah Rp38/kg, bawang putih Rp39 ribu/kg.

Belum jelas penyebab kenaikan harga beras yang drastis belakangan ini. “Kenapa ya harga beras hampir tiap hari naik, apa karena produksi yang turun atau mungkin faktor Pemilu?” ujar Gede Widi, salah seorang konsumen. (Z-5)  

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat