visitaaponce.com

Dugaan Kecurangan Pilpres, Puluhan Surat Suara sudah Dicoblos

Dugaan Kecurangan Pilpres, Puluhan Surat Suara sudah Dicoblos
Surat suara yang sudah dicoblos terlebih dulu.(Dokpri)

DUGAAN kecurangan surat suara pada pemilihan presiden atau pilpres 2024 terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi tepatnya di salah satu tempat pemungutan suara atau TPS yang berada di Kecamatan Cisurupan. 

Surat surat tersebut dalam keadaan masih tersegel. Indikasi kecurangan itu lewat video yang viral di media sosial.

Video amatir yang direkam saat sejumlah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS di TPS 17  Kampung Rancakalong, Desa Simpangsari, memperlihatkan  puluhan surat suara  yang sudah dicoblos sebelum pencoblosan oleh para pemilih.

Baca juga : Ditinggal Nyoblos, Dua Rumah Warga Morowali Utara Terbakar

Para petugas KPPS memperlihatkan beberapa surat suara pilpres yang sudah tercoblos untuk nomor urut dua dan nomor urut tiga. Dalam video yang tersebar ini, mereka mengaku surat suara yang dikirim dari pusat sudah tercoblos.

Menanggapi video viral tersebut, komisioner Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Garut, Lamlam Masropah, membenarkan ada video viral tersebut terjadi di daerahnya. Ada 24 surat suara pemilihan presiden nomor 3 dan 2 tercoblos setelah segel kotak suara dibuka anggota KPPS.

Pihaknya akan meminta keterangan kepada anggota KPPS dan petugas pengawas di lapangan. "Terkait temuan tersebut, belum ada laporan dari kecamatan lain terkait hal yang sama," ujar Lamlam Masropah. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat