visitaaponce.com

Ratusan Mahasiswa Berdemonstrasi karena Demokrasi Sedang tidak Baik-baik Saja

Ratusan Mahasiswa Berdemonstrasi karena Demokrasi Sedang tidak Baik-baik Saja
Sekitar 200 mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Banyumas Raya, Jawa Tengah (Jateng) melakukan aksi demo pada Senin (19/2).(MI/Lilik Darmawan)

SEKITAR 200 mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Banyumas Raya, Jawa Tengah (Jateng) melakukan aksi demonstrasi pada Senin (19/2).

Mereka mengadakan aksi karena prihatin dengan kondisi demokrasi di Indonesia yang dinilai tidak baik-baik saja.

Aksi diwarnai dengan saling dorong antara mahasiswa dengan aparat kepolisian. Dalam aksi tersebut mahasiswa membentangkan spanduk dengan tulisan "Selamatkan Demokrasi, Adili Rezim Jokowi."

Baca juga : Mahasiswa Se-Solo Raya Tuntut Jokowi Bertanggung Jawab atas Rusaknya Demokrasi

Para demonstran memulai aksi mereka di depan gerbang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, terlibat dalam situasi saling dorong dengan aparat keamanan.

Karena tidak mungkin bisa masuk ke Kompleks Pemkab Banyumas, mereka kemudian bergerak ke sisi selatan Alun-alun Purwokerto, tepatnya di Jalan Jenderal Soedirman.

Di tengah aksi , mereka membakar ban sambil mengutarakan pendapat mereka terkait kondisi demokrasi yang dianggap tidak memadai.

Baca juga : BPIP Ajak Demonstran Kedepankan Etika Kepantasan Publik

Koordinator Aksi, Ilham Alhamdi, dengan tegas menyatakan bahwa para mahasiswa menganggap bahwa rezim Jokowi telah melanggar konstitusi.

"Saat ini, demokrasi sedang tidak baik-baik saja. Rezim otoriter, rezim Jokowi telah merusak konstitusi. Ini adalah pandangan kami terhadap kondisi demokrasi yang sedang tidak baik-baik saja," ujarnya.

Menurut Ilham, Pemilu yang dianggap tidak netral dengan konstitusi, aturan yang dapat diubah untuk kepentingan tertentu, menjadi salah satu fokus perhatian mahasiswa. (LD/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat