visitaaponce.com

UPZDK PermataBank Syariah dan Yayasan Sahabat Beramal Jariyah Salurkan Al-Quran Braille

UPZDK PermataBank Syariah dan Yayasan Sahabat Beramal Jariyah Salurkan Al-Qur'an Braille
Penyaluran Al-Qur'an Braille(Dok. PermataBank Syariah)

UNIT Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional PT Bank Permata (UPZDK PermataBank Syariah) bersama dengan Yayasan Sahabat Beramal Jariyah melakukan penyerahan sejumlah Al-Qur’an braille kepada para penerima manfaat, yang merupakan bagian dari program “Beramal Al-Qur'an Braille”, dengan tujuan untuk memfasilitasi pembelajaran Al-Qur'an bagi penyandang tunanetra.

Program kolaborasi itu menyalurkan dana sebesar Rp75 juta dalam bentuk 1 set Al-Qur'an Braille yang diberikan kepada 30 penerima manfaat yang tersebar di Cikidang, Kabupaten Subabumi, Jawa Barat, dan LSM Titian Bangsa di Cimahi.

Kolaborasi itu didasarkan pada data Dewan Masjid Indonesia pada 2019 yang menyebutkan 65% dari 223 juta umat muslim di Indonesia tidak mampu membaca kitab suci. Jumlah tersebut menjadi lebih kecil lagi persentasenya bagi para  tunanetra yang mampu membaca Al-Qur’an. 

Baca juga : Pemkot Malang Luncurkan Layanan Pengaduan Berbasis Braille di Puskesmas

Data dari Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) pada 2018 mencatat bahwa hampir 95% dari jumlah penyandang disabilitas netra di Indonesia adalah muslim buta huruf Al-Qur'an braille. Berbagai faktor, seperti harga yang mahal serta kurangnya persebaran guru mengaji yang mampu mengajarkan baca-tulis Al-Qur'an braille, menjadi kendala utama yang ditemukan di lapangan.  

“Kebanyakan lembaga yang ada umumnya hanya menyediakan Al-Quran braille tanpa memberikan bimbingan untuk membaca dan mempelajari ilmunya. Untuk itulah dalam program yang digalakkan UPZDK PermataBank Syariah dan Yayasan Sahabat Beramal Jariyah ini, bimbingan pembelajaran Al-Qur’an braille menjadi suatu hal yang penting untuk diberikan,” terang Habibullah, Ketua UPZDK (Unit Pengelola Zakat dan Dana Kebajikan) PermataBank Syariah. 

“Kami percaya, keterbatasan bukanlah halangan untuk berkembang. Untuk itulah kami berharap semoga ikhtiar ini dapat menjadi manfaat bagi para penerimanya dan amal jariyah bagi seluruh keluarga PermataBank serta pihak yang terlibat," imbuhnya.
 
Ketua Yayasan Sahabat Beramal Jariyah Rayk Mangga Syah Putra mengatakan, kolaborasi itu merupakan bagian dari tindak lanjut kerja sama sebelumnya, seperti program biaya persalinan gratis bagi para ibu hamil pra sejahtera, hingga dukungan biaya pencetakan Al-Qur’an braille.

Baca juga : Memperingati Hari Braille Sedunia, Begini Sejarahnya

“Kami sangat mendukung kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang sejalan dengan misi kami untuk menciptakan lebih banyak lagi program dakwah, sosial, serta kemanusiaan yang  penuh manfaat dan tepat sasaran," ujarnya.

Melalui kolaborasi ini, PermataBank Syariah dan Yayasan Sahabat Beramal Jariyah mengukuhkan komitmennya untuk memberikan dampak positif serta manfaat yang nyata bagi masyarakat luas secara  inklusif, tanpa terkecuali kepada para penyandang disabilitas. (Z-5)

Baca juga : Putri Ariani Lawan Keterbatasan Diri Lewat Musik

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat