visitaaponce.com

Jaga Biodiversity di Kawasan Geopark, Unhan Tanami Mangrove

Jaga Biodiversity di Kawasan Geopark, Unhan Tanami Mangrove
Ilustrasi.Keberhasilan babel reham mangrove satu hamparan 70 hektaf harus menjadi contoh bagi daerah lain.(MI/Rendy Ferdiansyah)

KABUPATEN Sukabumi, Jawa Barat, patut bersyukur memiliki potensi alam yang tak hanya sebagai konservasi, tapi juga wisata. Salah satunya kawasan taman bumi atau geopark yang sudah menyandang status bertaraf internasional dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Pantai Palangpang di Kecamatan Ciemas merupakan salah satu kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp). Sebagai bagian dari kawasan geopark, upaya menjaga kelestarian dan keanekaragaman hayati pun dilakukan di kawasan pantai tersebut.

Seperti dilakukan sivitas akademika Universitas Pertahanan (Unhan) yang menanam sebanyak 5 ribu pohon mangrove di kawasan Pantai Palangpang, Jumat (23/2). Upaya itu dilakukan untuk mencegah dan melindungi kawasan pantai dari potensi terjadinya abrasi.

Baca juga : Ayep Zaki Konsisten Bina Komunitas Pedagang Asongan di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengapresiasi kegiatan penanaman pohon mangrove di kawasan Pantai Palangpang. Bagi Pemkab Sukabumi, kata Iyos, penanaman pohon mangrove di lokasi untuk menjaga keanekaragaman hayati atau biodiversity di salah satu kawasan CPUGGp.

"Upaya penanaman pohon mangrove yang dilakukan sivitas akademika Unhan RI ini selaras dengan tagline geopark yaitu memelihara bumi dan
menyejahterakan masyarakat," kata Iyos di sela kegiatan, Jumat (23/2).

CPUGGp, kata Iyos, merupakan ikon andalan Kabupaten Sukabumi karena terbentuk akibat fenomena alam ratusan juta tahun lalu. Karena itu,
kawasannya perlu dijaga dan dipelihara semua pihak.

Baca juga : Capek Liburan Harus Macet-macetan? Ini 3 Rekomendasi Wisata di Sukabumi

"Dengan ditanaminya pohon mangrove, tentu perkembangannya harus dipantau. Jangan sampai pohon ini mati. Dua atau tiga tahun ke depan akan dirasakan manfaatnya dari pohon mangrove ini," terangnya.

Selain itu, lanjut Iyos, keberadaan pohon mangrove diharapkan akan semakin memperindah Pantai Palangpang sebagai kawasan CPUGGp. Sehingga ke depan semakin menarik perhatian bagi wisatawan.

"Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan di Kabupaten Sukabumi. Jadi, semua potensinya harus bisa kita tata dan dijaga agar tidak rusak," pungkasnya. (BB/N-1)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat