visitaaponce.com

Harga Beras di Batam Meroket, Naik hingga Rp20 Ribu per Karung

Harga Beras di Batam Meroket, Naik hingga Rp20 Ribu per Karung
Ratusan warga antre berbelanja Beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Tangerang(MI/Ramdani)

HARGA beras di Batam pada Sabtu (24/2) mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan laporan, beberapa produk beras kemasan mengalami kenaikan harga hingga Rp20 ribu per karung.

Contohnya, beras merk Harumas kemasan 25 kilogram yang sebelumnya dijual dengan harga Rp330 ribu, kini menjadi Rp350 ribu. Kenaikan harga ini dapat mencapai angka Rp1500 per kilogram.

Meskipun demikian, menurut Panel Harga Pangan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), harga beras di Kepulauan Riau mengalami disparitas minus 3,33 persen, atau mencapai rata-rata Rp15.670 per kilogram. Secara nasional, harga beras saat ini mencapai rata-rata Rp16.210 per kilogram. Harga tertinggi, yaitu Rp24.490 per kilogram, terjadi di wilayah Papua Pegunungan, sementara harga terendah, yaitu Rp14.640 per kilogram, ada di Aceh.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, menegaskan bahwa pasokan beras di Batam tetap aman dan terjaga hingga enam bulan ke depan sejak Januari 2024. Meskipun harga saat ini mengalami kenaikan, tidak ada pembatasan dalam hal pembelian beras atau komoditi apapun di Batam.

"Aman untuk menghadapi Ramadhan ini, dan untuk enam bulan ke depan ini," katanya, Sabtu (24/2). (HK/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat