visitaaponce.com

Harga Beras Melambung, BI DIY Rekomendasikan Minimalkan Food Waste danBelanja Bijak

Harga Beras Melambung, BI DIY Rekomendasikan Minimalkan Food Waste dan Belanja Bijak
Area Persawahan di Kulonprogo, DIY(Antara/Hendra Nurdiyansyah)

REALISASI inflasi gabungan dua kota penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK) di Daerah Istimewa Yogyakarta pada awal tahun terjaga pada rentang sasaran nasional sebesar 2,5+1% (yoy). Hal itu menjadi sinyal positif dalam mengawal inflasi DIY ke depan. 

Namun demikian, potensi risiko tetap perlu diwaspadai, salah satunya meryelang momen Ramadan dan dul Fitri serta mundurnya masa panen raya padi akibat dampak El Nino.

Merespon hal tersebut, TPID DIY pada Selasa (27/2) menggelar High Level Meeting (HLM) guna membahas kesiapan pemerintah daerah DIY dalam menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Baca juga : Rakor Pengendalian Inflasi, Bupati Marwan Sampaikan Terobosan Stabiliasi Harga Pangan di Sukabumi

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Ibrahim, menyampaikan beberapa rekomendasi mitigasi seasona/inflasi pangan yang dapat dilakukan memasuki momen Ramadan dan Idul Fitri 2024, di antaranya melalui penguatan data dan informasi terkait pasokan serta optimalisasi pelaksanaan pantauan pasar.

Untuk jangka panjang, mitigasi yang dapat dilakukan antara lain penguatan kelembagaan BUMD Segoro Amarto, fasilitasi penelitian dan pengembangan untuk mendorong efektivitas dan efistenst produksi, optimalisasi lahan pekarangan/lahan tidur dalam rangka ketahanan pangan yang dapat dipantau melalui Command Center Pertanahan dan Tata Ruang, serta optimalisasi peran BUMD Taru Martani dalam distribusi komoditas pangan utama.

Soal harga beras yang melambung tinggi, BI DIY merekomendasikan langkah mitigasi yang bersifat seasonal. Langkah pertama, dengan mengedukasi masyarakat untuk meminimalisasi food waste dan belanja bijak.

Baca juga : Jaga Stabilitas Inflasi, Pemkot Denpasar Gelar HLM TPID

“Selanjutnya, kita bisa memperkuat kerja sama antar daerah intra provinsi untuk panen raya beras yang diperkirakan berlangsung pada bulan Maret. Kita juga bisa memanfaatkan digitalisasi melalui website TPID DIY untuk monitoring pasokan dan harga beras secara real time. Kita juga bisa meningkatkan koordinasi dengan pelaku usaha terkait harga jual yang wajar dan pola distribusi yang lancar,” paparnya.

Ibrahim menambahkan, guna menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 2024, BI DIY merekomendasikan pengendalian inflasi yang bersifat seasonal maupun struktural. Mitigasi seasonal bisa dilakukan dengan memperkuat data dan informasi terkait pasokan, serta optimalisasi pelaksanaan pantauan pasar, terutama H-7 dan H+7 Idul Fitri.

“Untuk mitigasi struktural, rekomendasi kami adalah memfasilitasi penelitian dan pengembangan tanaman pangan, membangun ketahanan pangan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan/lahan tidur, serta mengoptimalkan 
peran BUMD dalam distribusi komoditas pangan utama,” paparnya.

Kepala BPS DIY, Herum Fajarwat menambalikan inflasi gabungan dua kota INK di DIY menurut hasil Surver Biaya Hidup (SBH) 2022 utamanya disumbang dari komoditas bens dan beras, dengan bobot masing-masing sehesar 5.55% dan 5.18% 

Di sisi lain, junlah kunjungan wisatawan ke DIY pada momen Idul Fitri juga perlu diwaspadai menjadi risiko pemicu tingginya tekanan inflasi dati sisi permintaan. Narmun demikian, menyikapi sentimen terhadap kenaikan harga beras, data histotis BPS menunjukkan jika kenaikan harga beras yang terjad) saat ini diiringi dengan peningkatan harga Gabah Kenng Giling (GKG) dan Gabah Kermg Panen (GKP) yang diterima petani sehingga diharapkan kesejahteraan petani masih terjaga. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat