visitaaponce.com

TPID Pematangsiantar Diminta Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan

TPID Pematangsiantar Diminta Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan
High Level Meeting TPID Pematangsiantar(MI/Apul Iskandar)

ANGGARAN Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pematangsiantar tahun anggaran 2024 sudah berjalan. Untuk itu, diharapkan secepat mungkin segera direalisasikan karena uang akan beredar dan menambah serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Seperti kita ketahui bersama, harga-harga barang kebutuhan pokok seperti beras, cabai, bawang, tomat, telur, dan lainnya beranjak naik dari awal tahun hingga menjelang bulan Ramadhan ini," demikian disampaikan Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani saat High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pematangsiantar di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar, Kamis (29/02).

Untuk mengatasi kondisi tersebut, lanjut Susanti, sudah menjadi tugas TPID untuk memantau perkembangan komoditas, terutama harga pangan. Juga melakukan koordinasi dan pengecekan harga barang di pasar dengan maksud pengendalian harga dapat dipantau secara berkelanjutan.

Baca juga : Budidaya Maggot Bawa Intan Raih Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Inovasi dan Teknologi

Ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi bahan pokok, sambung dia, perlu diperhatikan bersama agar tidak memicu masalah yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu, melalui pertemuan yang digelar bersama TPID diharapkan dapat menjadi wadah koordinasi untuk menentukan langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan guna menjaga stabilitas harga.

"Saya juga mengharapkan rapat kita ini bisa menciptakan langkah-langkah atau program kegiatan yang dapat mengantisipasi gejolak harga, ketersediaan pasokan pangan, dan kelancaran distribusi, serta mendorong peningkatan kerja sama antar daerah," ujarnya.

Baca juga : Pematang Siantar Waspadai Pneumonia Mycoplasma, Rumah Sakit Diminta Siaga

Kepala KPw BI Pematangsiantar Muqorobin menyampaikan pada 2024, Pemilu telah berjalan lancar dan monitoring terus dilakukan. Untuk itu diharapkan melalui pertemuan High Level Meeting yang digelar menjadi tolak ukur dalam mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok.

"Dari pemantauan kami, trennya akan terus naik dan cenderung ada kenaikan. Sehingga bagaimana strategi kita dalam mengantisipasi kenaikan harga termasuk harga beras," terangnya.

Sementara itu, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno menyampaikan, saat ini Polri memiliki Satgas Pangan, yang setiap harinya memantau situasi perkembangan pasar. Tidak hanya harga, namun juga ketersedian.
 
"Menjelang hari raya, kita akan lebih fokus terkait stok dan harga bahan bahan pokok," tandasnya.

"Maka ini menjadi suatu langkah penting untuk membantu dalam membuat situasi Kota Pematangsiantar tetap kondusif. Mengingat 10 hari lagi puasa dan mendekati Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.  (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat