visitaaponce.com

Pencarian Pesawat Kargo Smart Air yang Hilang Kontak Dilanjutkan Hari Ini

Pencarian Pesawat Kargo Smart Air yang Hilang Kontak Dilanjutkan Hari Ini
Ilustrasi(Freepik)

Operasi pencarian pesawat kargo milik maskapai penerbangan Smart Air yang dilaporkan hilang kontak pada Jumat (8/3) berlanjut hari ini, Sabtu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan kegiatan pencarian hari ini melibatkan personel TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR). Pencarian dilakukan baik di darat maupun udara.

"Rencana kegiatan pada 9 Maret 2024, pencarian jalur darat ada 20 personel TNI, 20 personel polres, 10 orang personel Brimob, 10 orang dari BPBD dan 6 orang dari SAR," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Baca juga : Tim SAR Cari Dua WNA Terseret Ombak di Diamond Beach Bali

Sementara itu, pencarian melalui udara dilakukan menggunakan pesawat dan helikopter, yakni Pesawat Smart PK SNG, Pesawat Susi Air, dan Hely Bell 412. Jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 14 orang yang terdiri atas TNI 1 orang, Polres, 1 orang, Brimob 2 orang, BPBD 4 orang, dan SAR 6 orang.

Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Jakarta juga akan tiba di Bandara Malinau untuk melakukan koordinasi pada Sabtu siang. Mereka kemudian akan membuat posko darurat di Bandara Malinau.

Sebelumnya, pencarian pesawat yang hilang kontak setelah lepas landas di Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara, itu dihentikan pada Jumat sore karena cuaca buruk.

Sebagaimana diketahui, pesawat perintis yang dikabarkan hilang kontak itu, merupakan pesawat milik maskapai PT Smart Aviation, yang take off dari Bandara Juwata Tarakan Jumat (8/3) pukul 08.25 Wita. Pesawat tersebut membawa muatan kargo 583 kilogram yang diawaki pilot Capt M Yusuf dan satu engineer on board atau EOB bernama Deni S.

Seharusnya pesawat tersebut mendarat di Binuang, Kabupaten Nunukan, pada pukul 09.25 Wita. Namun hingga kini, keberadaan pesawat itu masih belum diketahui dan masih dalam upaya pencaraian. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat