visitaaponce.com

Mitigasi Keterlambatan Penerbangan Haji, Garuda Sediakan Armada Cadangan

Mitigasi Keterlambatan Penerbangan Haji, Garuda Sediakan Armada Cadangan
(Dok MI)

MASKAPAI penerbangan nasional Garuda Indonesia terus mengintensifkan berbagai langkah mitigasi dalam mengoptimalkan kelancaran penerbangan haji pascaketerlambatan jadwal keberangkatan haji pada beberapa kloter penerbangan. Salah satu langkah mitigasi yang tengah dilakukan Garuda ialah menyediakan armada cadangan dari berbagai embarkasi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan bentuk corrective actions yang tengah dijalankan di antaranya melalui prosedur inspeksi berlapis terhadap kesiapan armada. Kemudian peningkatan fungsi pengawasan yang turut dikolaborasikan bersama stakeholders terkait dalam memastikan program aircraft readiness berjalan optimal.

"Juga penyediaan armada cadangan pada berbagai embarkasi guna menjaga kelancaran arus keberangkatan calon jemaah haji sesuai dengan waktu keberangkatan yang ditentukan. Serta program service recovery yang turut kami berlakukan secara konsisten bagi seluruh penumpang calon jemaah haji," ujar Irfan dalam keterangannya, Selasa (28/5).

Baca juga : Ada Keluhan, Menhub Minta Garuda Keberangkatan Haji Sesuai Jadwal

Irfan menekankan, pihaknya akan terus memantau secara berkala kelancaran operasional penerbangan haji. Tujuannya dapat melakukan langkah mitigasi lanjutan yang diperlukan guna meminimalisasi potensi keterlambatan. Sejauh ini, armada cadangan yang disiapkan merupakan pesawat penerbangan reguler.

"Kami pastikan manajemen beserta seluruh tim yang bertugas terus bekerja keras mengerahkan segala upaya untuk memperbaiki hal tersebut, termasuk mengoptimalkan kesiapan armada penerbangan haji melalui penggunaan pesawat yang saat ini dioperasikan untuk penerbangan reguler," ungkap Irfan.

Tercatat, hingga Minggu (26/5), Garuda Indonesia telah memberangkatkan sekitar 152 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah jemaah mencapai sedikitnya 57 ribu jemaah.

Baca juga : Terlambat Terbangkan Jemaah Haji, Garuda dan Saudi Airlines Diingatkan

Irfan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan para calon jemaah haji di beberapa kloter keberangkatan yang mengalami keterlambatan penerbangan. Begitu pula kepada otoritas penerbangan haji yang terus bekerja dengan optimal dalam memastikan kelancaran layanan haji bagi masyarakat Indonesia.

Menurutnya, ada beberapa catatan krusial keterlambatan penerbangan pada keberangkatan sejumlah kloter dari beberapa embarkasi. Salah satunya karena ada sejumlah penyesuaian jadwal penerbangan pada kloter keberangkatan dari embarkasi Makassar beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya menghargai teguran, peringatan, serta masukan yang telah disampaikan berbagai stakeholders pelayanan penerbangan haji, baik itu dari Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, hingga pemerintah daerah.

"Garuda Indonesia berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan tingkat ketepatan waktu penerbangan haji selaras dengan berbagai masukan yang disampaikan berbagai stakeholders terkait," tandasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat