visitaaponce.com

4 Perjalanan Kereta Api di Pantura Dialihkan ke Selatan Akibat Banjir

4 Perjalanan Kereta Api di Pantura Dialihkan ke Selatan Akibat Banjir
Empat jalur kereta api dialihkan ke selatan karena jalur rel terendam banjir dengan ketinggian 10 centimeter.(MI/Widjajadi)

SEBANYAK empat perjalanan kereta api melintas di jalur pantura dialihkan ke jalur selatan, karena jalur rel terendam banjir.

Rel kereta api di barat dan timur Kota Semarang terendam air dengan ketinggian 10 centimeter.

"Banjir dengan ketinggian 10 centimeter masih merendam Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng-Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu," kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo.

Baca juga : Banjir Grobogan, Jalur Kereta Api Sudah Bisa Dilintasi

Sebagai langkah antisipasi, Franoto mengatakan mulai pukul 00.30 WIB empat perjalanan kereta api dialihkan ke jalur selatan yakni  KA 4 Argo Bromo Anggrek  semula berelasi dari Jakarta-Semarang-Surabaya menjadi Jakarta-Tegal-Prupuk-Purwokerto-Surabaya dan KA 77F Pandalungan dari berelasi Jember-Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan ke Jember-Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta.

Selain itu, lanjut Franoto Wibowo, KA 57 Brawijaya berelasi Malang-Solo-Semarang-Jakarta dialihkan perjalanannya melalui Malang-Solo-Prupuk-Purwokerto-Jakarta dan KA 3 Argo Bromo Anggrek berelasi dari Surabaya-Semarang-Jakarta menjadi Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta. 

"Kami mohon maaf atas perubahan ini," tambahnya.

Pengalihan dengan rekayasa lalulintas kereta api lainnya juga dilakukan terhadap  KA Pandalungan sebanyak 2 KA, KA Argo Bromo anggrek sebanyak 2 KA,  KA Majapahit sebanyak 2 KA,  KA Brawijaya, KA Sembrani, KA Kertajaya sebanyak 2 KA, KA Harina, KA Darmawangsa, KA Gumarang dan KA Jayabaya.

Akibat adanya pengalihan rute, ungkap Franoto Wibowo, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan KA akibat banjir yang saat ini sedang terjadi yakni akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat