visitaaponce.com

Daerah di Jawa Tengah Mulai Persiapkan Jalur Mudik

Daerah di Jawa Tengah Mulai Persiapkan Jalur Mudik
Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Batang mulai bersiap(MI/Akhmad Safuan)

PERSIAPAN jalur mudik untuk arus Lebaran telah dimulai di daerah Pantura Jawa Tengah. Diprediksi jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Tengah akan meningkat hingga mencapai 66 juta pemudik, melebihi tahun sebelumnya.

Pembenahan jalur mudik dilakukan terutama di ruas jalur Pantura Jawa Tengah untuk memperlancar arus kendaraan. Pemerintah daerah melakukan perbaikan ruas jalan, termasuk Pemkab Blora yang memprioritaskan perbaikan 10 ruas jalan utama untuk persiapan mudik, dengan target selesai H-7.

Selain perbaikan jalan kabupaten, pemerintah juga mengkoordinasikan perbaikan jalan provinsi dan nasional untuk mengatasi jalan rusak yang dapat mengganggu arus mudik lebaran.

Baca juga : Persiapan Operasi Ketupat Mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri Gelar Tactical Floor Game

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) juga turut melakukan perbaikan di 12 titik ruas jalan berlubang di Kabupaten Batang untuk memastikan kelancaran arus mudik.

Ditlantas Polda Jawa Tengah mencatat 48 titik trouble spot dan 68 pasar tumpah yang perlu diwaspadai saat arus mudik 2024. Berbagai skema dan rekayasa lalu lintas sedang disiapkan untuk memperlancar arus lalu lintas, termasuk penugasan personel di titik-titik kemacetan.

Tidak hanya di jalur mudik Pantura, persiapan skema dan rekayasa lalu lintas juga dilakukan di jalan tol, termasuk penerapan one way lokal di Gerbang Tol Kalikangkung jika jumlah kendaraan melintas melebihi 4.000 unit dalam dua jam berturut-turut. Diprediksi akan ada 1,8 juta kendaraan keluar tol Jakarta menuju Jateng. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat