visitaaponce.com

Persiapan Operasi Ketupat Mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri Gelar Tactical Floor Game

Persiapan Operasi Ketupat Mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri Gelar Tactical Floor Game
Persiapan operasi ketupat(Medcom)

KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri tengah melaksanakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) dalam persiapan pengelolaan arus lalu lintas mudik-balik Lebaran tahun 2024. Kegiatan TFG ini melibatkan direktur lalu lintas (dirlantas) dari berbagai Polda di wilayah Jawa, Bali, Sumatra, Lampung, hingga Sumatra Selatan.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso menjelaskan bahwa TFG ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas tentang kondisi lapangan dan memastikan kesiapan serta strategi penanganan yang tepat.

"Kami ingin memastikan bahwa kondisi jalan dan situasi masyarakat dapat terantisipasi dengan baik, termasuk di lintasan Ketapang-Gilimanuk," ujar Slamet di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Rabu (6/3).

Baca juga : Rekayasa Lalu Lintas Mudik Lebaran Mulai 5 April

Menurut Slamet, Pelabuhan Merak-Bakauheni juga perlu diantisipasi dengan langkah-langkah teknis dan taktis yang telah ditetapkan bersama. Dia berharap bahwa persiapan ini akan berjalan lancar dan petugas sudah memahami tugas mereka.

Sebelumnya, Korlantas Polri telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral guna menyiapkan pengelolaan arus lalu lintas mudik-balik Lebaran 2024. Persiapan ini dilakukan dengan tujuan agar arus mudik dan balik pada bulan April 2024 dapat berjalan dengan lancar.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menekankan bahwa pengelolaan arus lalu lintas tahun ini bukan hanya rutinitas biasa. Mengingat survei Kementerian Perhubungan menunjukkan peningkatan animo masyarakat untuk mudik-balik dan berwisata sekitar 5-6% dibanding 2023.

"Jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan saat mudik tahun lalu mencapai 123 juta, termasuk perjalanan wisata selama libur Idulfitri 2023. Dengan peningkatan 5-6%, jumlah tersebut mencapai 136,7 juta," ungkap Irjen Aan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat