visitaaponce.com

115 Titik Rawan Banjir Tesebar di Jalur Mudik Pulau Jawa

115 Titik Rawan Banjir Tesebar di Jalur Mudik Pulau Jawa
Perbaikan jalur mudik di Demak, Jawa Tengah(Antara)

POLRI telah mengumumkan pemetaan 115 titik rawan banjir yang tersebar di jalur mudik di Pulau Jawa. Pengumuman ini disampaikan dalam Rapat Kerja (raker) tentang Persiapan Mudik 2024 di Komisi V DPR.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan menyampaikan bahwa pemetaan tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi titik-titik yang berpotensi mengalami banjir selama periode mudik dan balik, terutama di Pulau Jawa.

"Kami juga sudah memetakan beberapa titik rawan banjir ada 115 titik rawan banjir pada jalur mudik dan balik terutama di Jawa ini," ujar Aan Suhanan di Ruang Rapat Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (2/4).

Baca juga : Polri Segera Gelar Pertemuan Pemetaan Titik Banjir di Jalur Mudik 2024

Adapun rincian pemetaan tersebut meliputi 4 titik banjir di Banten, 1 titik banjir di Jakarta, 13 titik banjir di Jawa Barat, 2 titik banjir di Jawa Tengah, 11 titik banjir di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan 84 titik banjir di Jawa Timur.

Penyebab terjadinya banjir tersebut diketahui berasal dari peningkatan curah hujan serta peningkatan debit air sungai, jebolnya tanggul, drainase yang tak memadai, serta banjir rob.

Aan Suhanan menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan rute alternatif pengalihan arus lalu lintas sebagai upaya mitigasi jika terjadi banjir. Totalnya, terdapat 120 rute alternatif yang telah disiapkan.

"Kita sudah siapkan jalur-jalur alternatif pengalihan arus ketika terjadi bencana banjir ini, baik di tol maupun di jalur arteri," ungkap Aan.

Dengan pemetaan titik-titik rawan banjir dan persiapan rute alternatif tersebut, diharapkan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh banjir selama musim mudik Lebaran tahun 2024. Polri juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk serta himbauan dari pihak berwenang terkait keselamatan saat melakukan perjalanan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat