visitaaponce.com

Banjir Demak Surut, Ribuan Pengungsi Pulang, Rehabilitasi Segera Dilakukan

Banjir Demak Surut, Ribuan Pengungsi Pulang, Rehabilitasi Segera Dilakukan
Kendaraan bermotor melaju perlahan saat melintasi jalan yang rusak terdampak banjir di jalur utama pantura Demak-Kudus Kilometer 44.(Antara/Aji Styawan)

BANJIR Demak, Jawa Tengah (Jateng), mulai surut. Ribuan jiwa mulai pulang dari pengungsian meskipun hingga saat ini masih sekitar 12 ribu jiwa warga bertahan mengungsi. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah segera merehabilitasi wilayah dan warga korban banjir.

Pemantauan Media Indonesia, Senin (25/3), secara berangsur banjir surut di Kabupaten Demak, terutama Karanganyar. Ini terjadi setelah 22 mesin pompa dikerahkan untuk mengurangi genangan yang dua pekan merendam kawasan itu hingga ketinggian air tersisa 20-50 sentimeter dan membuat warga sedikit lega.

Sejak pagi ribuan warga mulai kembali ke rumah masing-masing. Sebagian besar langsung bergerak melakukan pembersihan lumpur dan sampah dibantu aparat TNI dan Polri serta relawan. "Kita pulang karena banjir surut, langsung membersihkan lumpur dan sampah dan menjemur peralatan rumah tangga yang terendam saat banjir lalu," kata Daryanto, 40, Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. 

Baca juga : Pj Gubernur Jateng Pastikan Tanggul Jebol Sungai Wulan Berhasil Ditutup

Sebagian lain hanya melihat kondisi rumah karena masih terendam dengan ketinggian hingga 50 sentimeter. Kondisi ini tampak di Desa Loireng, Kecamatan Sayung, Demak. Ratusan keluarga di desa itu tidak mengungsi meskipun lingkungan terendam banjir. "Kami hanya bisa bertahan dan mengandalkan bantuan serta logistik
yang ada untuk memenuhi kebutuhan," ujar Khoris, 38, warga Loireng, Demak.

Meskipun banjir sudah surut, jalur Pantura Demak-Kudus hingga kini masih ditutup dan belum dapat dilalui. Selain kondisi jalan rusak berat karena banyak aspal terkelupas, lumpur, dan sampah hingga membahayakan kendaraan melintas.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DI Yogyakarta (DIY) Ditjen Bina Marga Kementerian PU-Pera mulai menyiapkan langkah perbaikan jalan nasional terdampak banjir di Demak dari mulai ruas Trengguli, Kecamatan Wonosalam, Demak, hingga batas Kabupaten Kudus kilometer 45+010. "Tim kami mulai lakukan pembersihan jalan dari sampah, lumpur, serta puing aspal terkelupas di ruas Simpang TigaTrengguli -Bts Kota Demak/Kudus. Setelah ini langsung kita lakukan perbaikan," kata Kepala BBPJN Jawa Tengah-DIY Rien Marlia.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga mengungkapkan hal serupa. Setelah penyedotan banjir dengan mengerahkan 22 mesin pompa selesai, pemprov segera menentukan langkah-langkah rahabilitasi pascabencana banjir di Demak tersebut. "Pekan ini setelah kering langsung kita rehabilitasi," ujar Pejabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana di Demak. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat