visitaaponce.com

Ramadan di NTT Jadi Momen Tepat Perkuat Literasi Ekonomi Syariah

Ramadan di NTT Jadi Momen Tepat Perkuat Literasi Ekonomi Syariah
Ilustrasi.(AFP/KARIM JAAFAR)

RAMADAN di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi momen yang tepat bagi masyarakat untuk mengenal dan sekaligus mengunkan produk serta layanan keuangan syariah.

Untuk itu, selama beberapa hari terakhir, anggota dewan gubernur di berbagai tempat, menggelar kegiatan Ramadhan Berkah Bersama Insan BI 2024 (Rabbani 2024).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT Agus Sistyo Widjajati mengatakan, Rabbani digelar di tiga lokasi secara tidak bersamaan mulai dari SDIT Persaudaraan Labuan Bajo, Manggarai Barat pada 22 Maret 2024, kemudian Pesantren Wali Sanga Kabupaten Ende ada 24 Maret 2024 dan MAN Kota Kupang pada 26 Maret 2024.

Baca juga : Ini Strategi BI NTT untuk Pengembangan Ekonomi Syariah di Daerah

"Tema nasional kegiatan Buka Bersama di 2024 ini adalah Semangat berjemaah, sinergi kuat membangun BI bermakna," ujarnya di Mbay, ibu kota Kabupaten Nagekeo, Selasa (26/3).

Kegiatan ini setidaknya memiliki dua tujuan yaitu pemberdayaan ekonomi pesantren di daerah dan Silaturahmi bersama antara KPw BI NTT dengan pihak eksternal.

Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan di semua tempat terdiri dari kultum atau kajian menjelang buka puasa bersama,  buka puasa bersama dan pembagian paket sembako, serta sosialisasi ekonomi syariah dalam rangka upaya meningkatkan literasi ekonomi syariah di NTT.

Menurutnya, kegiatan buka puasa bersama ini merupakan ajang silaturahmi para santri, pemuka agama, pejabat daerah dan stakeholders eksternal Bank Indonesia Perwakilan NTT lainnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk toleransi beragama dan telah menjadi ciri khas masyarakat NTT sehingga sinergi dan kolaborasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dapat lebih terakselerasi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat