visitaaponce.com

Tidak Lolos Ramp Check, Petugas Terminal Purabaya Usir Bus Tanpa Penumpang

Tidak Lolos Ramp Check, Petugas Terminal Purabaya Usir Bus Tanpa Penumpang
Petugas Terminal Purbaya mengusir bus yang tidak lolos ramp check karena ada kaca yang pecah, tanpa penumpang. (MI/Heri)

PETUGAS Kementerian Perhubungan melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan, terhadap armada bus di Terminal Purabaya, Kabupaten Sidoarjo.

Ramp check ini untuk memastikan bus yang beroperasi dalam keadaan prima dan siap, untuk mengangkut penumpang mudik lebaran 2024. Dalam kegiatan ramp check itu petugas mendapati satu unit bus yang tidak lolos pemeriksaan dan mengusirnya tanpa penumpang. 

Ramp check itu meliputi pemeriksaan kelengkapan surat-surat dan spesifikasi teknis bus. Seperti kondisi roda, lampu, kaca, rem, hingga kelengkapan palu pemecah kaca untuk kondisi darurat. Harapannya bisa menekan angka kecelakaan di jalan.

Baca juga : Pendaftar Mudik Gratis Membludak, Dishub DKI Jakarta Tambah Bus dan Kuota Peserta

"Kita memeriksa kelengkapan administrasi dan spesifikasi teknis bus," kata Komandan Regu Terminal Purabaya Ray Hendryan, Kamis sore (28/3).

Setiap bus yang sudah lolos ramp check akan ditandai dengan pemasangan stiker inspeksi keselamatan, di kaca kiri depan bus. Nantinya hanya bus yang sudah lolos inspeksi keselamatan, yang diperbolehkan beroperasi pada arus mudik dan balik lebaran.

Saat melakukan ramp check tersebut, petugas mendapati bus Angkasa Trans Jaya jurusan Denpasar Bali, dengan kondisi kaca yang pecah. PO bus tersebut ternyata sebelumnya sudah diingatkan dan ditilang, namun tetap nekat masuk terminal untuk mengangkut penumpang. Petugas kemudian mengambil tindakan tegas, mengusir bus tersebut keluar terminal tanpa penumpang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat