visitaaponce.com

Delay System Diterapkan Urai Macet di Tol Tangerang-Merak

Delay System Diterapkan Urai Macet di Tol Tangerang-Merak
Situasi kepadatan arus lalu lintas dari Pelabuhan Merak menuju Gerbang Tol Merak, Banten.(ANTARA/Putu Indah Savitri)

DIREKTUR Lalu Lintas Polda Banten Kombes Leganek Mawardi mengatakan pihaknya memberlakukan delay system untuk mengurai kemacetan di Tol Tangerang-Merak, jalur masuk ke Pelabuhan Merak.

Menurut dia, sistem penundaan masuk tersebut berguna untuk mengurangi antrean kendaraan yang ada di Pelabuhan Merak. "Pelaksanaannya terbagi menjadi berapa titik, dari gate Cikupa, rest area Km 43 A, rest area Km 68A, maupun ruas jalan Cikuasa atas sebelum flyover Merak," katanya, Sabtu (6/4).

Leganek memastikan tujuan delay system pada ruas jalan Cikuasa atas agar tidak menganggu aktivitas warga lokal. "Karena hanya terdapat satu akses jalan yang menuju ke pelabuhan dan itu juga digunakan untuk masyarakat sekitar Pelabuhan Merak."

Baca juga : Antisipasi Macet Jalur Merak, Pertamina Siagakan 11 SPBU Kantong

Selain melaksanakan rekayasa arus lalu lintas, personel Direktorat Lantas Polda Banten juga memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penerangan serta bantuan terhadap pengguna jalan, seperti pemberian makanan ringan dan minuman serta menyiapkan toilet umum kepada para pemudik.

"Kepada para pemudik agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas agar tercipta mudik aman, transportasi nyaman, tanpa hambatan," katanya.

Sebelumnya, terjadi antrean kendaraan yang menuju ke Pelabuhan Merak. Antrean terlihat hingga Km 96, tepatnya satu kilometer sebelum gerbang Tol Merak, Sabtu (6/4).

Penyebabnya karena meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta yang akan menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak ASDP menuju Pulau Sumatra. Selain itu, jumlah dermaga pelabuhan yang tidak sebanding dengan volume kendaraan juga menyebabkan terjadi antrean. (J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat