visitaaponce.com

Urai Kemacetan di Jalur Selatan, Sistem One Way Diberlakukan

Urai Kemacetan di Jalur Selatan, Sistem One Way Diberlakukan
Urai kemacetan di Jalur Selatan, polisi berlakukan One Way(Antara)

URAI kemacetan panjang sepanjang jalur selatan Nagreg menjadi prioritas bagi Kepolisian Resort Kota Bandung dan Polres Garut dengan menerapkan sistem one way secara berkala. Kondisi ini terjadi pada hari kedua menjelang Lebaran, di mana volume kendaraan terus meningkat dan memunculkan kemacetan panjang, mencapai lebih dari 10 kilometer, mulai dari kawasan Lingkar Cikaledong hingga Limbangan, Kabupaten Garut.

Penyebab kemacetan adalah adanya pasar tumpah di kawasan Limbangan, Lewo, dan Malangbong.

Kemacetan parah ini terjadi di jalur mudik selatan Nagreg pada Senin siang, membentang lebih dari 10 kilometer dari kawasan Limbangan, Kabupaten Garut, hingga ke kawasan Lingkar Cikaledong Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Polda Metro Jaya Terapkan One Way untuk Antisipasi Kemacetan saat Mudik

Untuk mengatasi kemacetan, Polresta Bandung dan Polres Garut menerapkan sistem one way menuju arah Limbangan, Tasikmalaya. "Sistem one way dilakukan untuk mengurangi beban dan mencegah kemacetan sampai di turunan Nagreg yang curam dan rawan kecelakaan," kata Kompol Mangku Anom, Kasat Lantas Polresta Bandung.

Apabila kemacetan mencapai turunan Nagreg yang curam, kepolisian akan menerapkan sistem rekayasa jalan di Jalan Cagak Nagreg. Arus lalu lintas yang menuju Limbangan, Tasikmalaya, akan dialihkan sementara ke Jalan Kadungora, Garut.

"Saat ini, kemacetan yang kerap terjadi di jalur selatan ini disebabkan oleh pasar tumpah di kawasan Limbangan, Lewo, dan Malangbong. Selain itu, kondisi jalan yang berkelok dan hanya memiliki dua lajur menjadi faktor penambah kemacetan," tambah Kompol Mangku Anom. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat