visitaaponce.com

1,87 Juta Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jabotabek

1,87 Juta Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jabotabek
Dirut Jasa Marga, Subakti Syukur, memperkirakan sebanyak 1,87 juta kendaraan akan kembali ke Jabotabek selama periode arus balik Lebaran(Antara)

SEBANYAK,87 juta kendaraan diprediksi kembali ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada arus balik, dalam periode Rabu (10/4) - Kamis (18/4).

"Angka itu naik 1,4% dibanding Lebaran 2023 dengan 1,84 juta kendaraan dan nak 56,2% dibanding lalu lintas normal dengan 1,2 juta kendaraan," kata Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam keterangan tertulis, Jumat (12/4).

Subakti mengatakan angka itu kumulatif dari empat gerbang tol (GT) utama. Mulai dari GT Cikupa, GT Ciawi, GT Cikampek Utama, hingga GT Kalihurip Utama.

Baca juga : Puncak Arus Balik, 269 Ribu Kendaraan akan Kembali ke Jabotabek

"Distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas 1,06 juta kendaraan atau 56,9 persen dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)," ujar dia.

Subakti menyebut sebaran berikutnya berasal dari arah Barat (Merak). Jumlahnya diramal mencapai 461 ribu kendaraan atau 24,7%.

"Serta 344 ribu kendaraan atau 18,4% dari arah Selatan (Puncak)," jelas dia.

Baca juga : Masyarakat Sebaiknya tak Pulang Serentak ke Jabotabek pada 6-8 Mei

Sementar itu PT Jasa Marga mengungkapkan km 66 Tol Jakarta-Cikampek menjadi fokus perhatian lantaran menjadi titik pertemuan kendaraan dari Bandung dan Trans Jawa menuju Jakarta.

"Pada prediksi puncak arus balik, peningkatan jumlah volume lalu lintas di titik ini akan mencapai 247,3 persen dibanding lalu lintas normal," kata Subakti.

Subakti berharap arus balik tidak terkonsentrasi pada satu waktu. Pergerakan masyarakat diprediksi mulai meningkat pada H+2 Lebaran, Sabtu, 13 April 2024 hingga H+4 Lebaran, Senin, 15 April 2024. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat