visitaaponce.com

Kemenhub Ingatkan Sopir Bus Utamakan Keselamatan Ketimbang Setoran

Kemenhub Ingatkan Sopir Bus Utamakan Keselamatan Ketimbang Setoran
Kemenhub memperingatkan perusahaan angkutan umum dan sopir bus agar tidak memaksakan jam kerja pada saat arus balik Lebaran 2024. (MI/Ramdani)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) meminta perusahaan angkutan umum tidak memaksakan jam kerja supir pada saat arus balik Lebaran 2024. Sopir bus diharapkan tidak melupakan istirahat untuk meminimalisir kemungkinan kecelakaan.

“Seluruh perusahaan angkutan umum pun wajib untuk memberlakukan ketentuan waktu kerja, waktu istirahat pengemudi dan waktu pergantian pengemudi sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugianto melalui keterangan tertulis, Senin (15/4).

Hendro mengingatkan seluruh supir bus dan perusahaan angkutan umum mengutamakan keselamatan penumpang. Kemenhub tidak mau ada aturan yang dilanggar hanya demi kejar setoran.

Baca juga : Ini 2 Titik yang Sebabkan Kemacetan Tol Jakarta - Cikampek

“Ini semua tentunya demi keselamatan bersama, saya berharap semua bisa mematuhi dan menjalankannya sebaik mungkin,” tegas Hendro.

Sebelumnya, Kemenhub kembali merilis data pergerakan pemudik pada Sabtu, 13 April 2024. Sebanyak 1.111.050 orang kembali ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menggunakan transportasi umum pada Sabtu, 13 April 2024.

“Pada H+2 lebaran jumlah pengguna angkutan umum kembali tembus satu juta orang, artinya pergerakan masyarakat sudah mulai masif untuk kembali dari kampung halaman,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati di Jakarta, Minggu, 14 April 2024.

Adita menjelaskan sebanyak 251.125 pemudik kembali dari kampung halaman menggunakan moda angkutan jalan. Total itu naik sebesar 0,06% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

“Angka ini naik sebanyak 0,06% dibandingkan tahun lalu atau sebanyak 250.963 penumpang, serta naik 121,17% dibanding pergerakan normal harian,” ujar Adita. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat