visitaaponce.com

Angka Kecelakaan Lalu Lintas selama Mudik Lebaran Menurun 18

Angka Kecelakaan Lalu Lintas selama Mudik Lebaran Menurun 18%
Petugas membantu pengemudi mobil membayar e-tol dengan portabel untuk memasuki pintu tol Colomadu, Karanganyar(Antara)

KORLANTAS Polri mengungkap jumlah kasus kecelakaan selama periode mudik dan balik Lebaran 2024. Data hingga Minggu siang (14/4) sebanyak 2.419 kasus kecelakaan terjadi.

"Selama Operasi Ketupat ini secara nasional tadi sampai jam 13.00 WIB (Minggu), ada 2.419 kasus kecelakaan lalu lintas ya," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan di melalui keterangan tertulis Senin (15/4).

Menurutnya, angka kecelakaan tersebut menurun jika dibandingkan dengan Operasi Ketupat tahun lalu. Persentase penurunannya sebanyak 18 persen. Adapun jumlah korban juga mengalami penurunan.

Baca juga : 41 Tewas dari 199 Kecelakaan Saat Lebaran

"Kalau dibandingkan dengan 2023, ada penurunan 18 persen yakni sebelumnya 2.968 (kecelakaan)," ujarnya.

Bukan hanya jumlah kecelakaan yang menurun, total korban meninggal juga terdapat penurunan.

"Meninggal juga demikian ya, ada penurunan dari 449 menjadi 358 artinya turun 20 persen ya. Kemudian untuk luka berat memang naik, luka ringan turun 23 persen," ungkap Aan.

Baca juga : Ganjil Genap Diberlakukan saat Mudik Lebaran 2024, Ketahui Waktu dan Lokasinya

Lebih lanjut, berdasarkan jenis kecelakaannya, yang paling banyak terjadi adalah adu banteng. Terbanyak kedua adalah tabrak depan belakang, disusul kecelakaan tunggal.

"Artinya kemungkinan masalah konsentrasi kelelahan masih cukup dominan untuk terjadinya kecelakaan lalu lintas," ucap dia.

Aan membeberkan, paling banyak kendaraan yang terlibat kecelakaan selama musim mudik ini adalah sepeda motor. Meski begitu, jumlahnya menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga : Anggota Komisi V DPR Apresiasi Kinerja Kapolri Amankan Arus Mudik 2023

"Alhamdulilah ada penurunan jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Dari 3.811 pada tahun ini hanya 3.123 atau turun 18," papar Aan.

Menurutnya faktor yang memengaruhi penurunan kecelakaan roda dua yakni adanya mudik bersama gratis menggunakan kendaraan besar seperti bus

"Ini kemungkinan ya, banyak faktor yang mempengaruhi berkurangnya sepeda motor ini. Salah satunya mudik bersama, berkurangnya masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor," tutur dia. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat