visitaaponce.com

3 Korban yang Tertimbun Tanah Longsor di Garut Berhasil Dievakuasi

3 Korban yang Tertimbun Tanah Longsor di Garut Berhasil Dievakuasi
Proses pencarian korban yang tertimbun tanah longsor di Kabupaten Garut.(Dok. Tim SAR gabungan Garut)

TIM SAR gabungan telah berhasil menemukan kembali satu korban tanah longsor dalam kondisi meninggal di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dengan temuan satu korban tersebut, total korban jiwa akibat bencana itu menjadi 3 orang.

Tanah longsor tepatnya terjadi di Kampung Sirnagalih, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pencarian dilakukan sejak kejadian pada Kamis, (25/4) malam dengan menurunkan alat berat berupa ekskavator di titik lokasi tanah longsor.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Bandung, Supriono mengatakan, proses pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan hingga berhasil menemukan 3 orang korban bernama Lilis, 28, Dini, 3, dan Zeni, 8, yang tertimbun longsor di dalam rumahnya. Namun, proses pencarian itu dilakukan sejak malam dan dilanjutkan pagi menggunakan ekskavator hingga ketiga orang ditemukan dari lokasi rumah yang tertimbun dengan kondisi meninggal.

Baca juga : Tim SAR Temukan 2 Korban Meninggal Akibat Longsor di Garut

"Tanah longsor yang menimbun rumah hingga 3 orang tertimbun di Kampung Sirnagalih, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, dan berbagai upaya dilakukan tim SAR gabungan menggunakan cangkul, lingis hingga dibantu ekskavator. Para korban ditemukan tidak jauh dari lokasi rumah tertimbun material longsor dan ketiganya ditemukan meninggal langsung dibawa ke Puskesmas setempat," katanya, Jumat (26/4).

Ia mengatakan, proses pencarian terhadap 3 korban yang tertimbun material longsor sesuai laporan tersebut bernama Lilis, 28, Dini, 3, dan Zeni, 8, dan upaya yang dilakukannya berhasil mengevakuasi semua korban di lokasi rumah yang tertimbun. Namun, korban yang pertama ditemukan sekitar pukul 10.45, kedua pukul 11.20 dan ketiga pukul 14.15 WIB berjenis kelamin perempuan langsung identifikasi.

"Kami dari tim SAR gabungan TNI, Polri, BPBD, Brimob Polda Jabar, Tagana, PMI dan warga turut berbelasungkawa atas ketiga orang korban meninggal semoga diterima Iman, islamnya dan keluarganya diberikan ketabahan. Proses pencarian yang selama ini dilakukan, berhasil mengevakuasi 3 orang dan semuanya dibawa ke Puskesmas hingga selanjutnya diserahkan kepada keluarganya," ujarnya.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Garut Selatan, telah menyebabkan terjadinya longsor di Kampung Sirnagalih, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Kejadian tersebut terjadi, Kamis (25/4) sekitar pukul 19.30 WIB malam diketahui longsor menimpa rumah dan menimbun tiga orang penghuni.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat