visitaaponce.com

Ketersediaan dan Kesehatan Hewan Kurban di Klaten Aman

Ketersediaan dan Kesehatan Hewan Kurban di Klaten Aman
Pasar hewan di Prambanan.(MI/Djoko Sardjono)

KETERSEDIAAN dan kesehatan hewan ternak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), aman untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban tahun ini. Di sisi lain, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten mewaspadai hewan ternak luar daerah yang masuk pasar.

Kepala DKPP Klaten, Widiyanti, mengatakan bahwa dari estimasi ketersediaan hewan ternak untuk kebutuhan kurban tidak ada masalah. "Sementara itu, populasi hewan ternak sapi di Klaten ada sekitar 73.000 ekor, kamping 99.000 ekor, dan domba 55.000 ekor," jelasnya.

Saat ditemui di Pendopo Kabupaten Klaten, Senin (13/5), Widiyanti menegaskan bahwa ketersediaan hewan kurban cukup banyak di Klaten. Kebutuhan hewan ternak sapi untuk kurban tahun ini diperkirakan sekitar 13.000 ekor, kambing 13.000 ekor, dan domba 10.000 ekor.

Baca juga : Kasus DBD di Klaten Meningkat, Enam Orang Meninggal

"Jadi, ketersediaan hewan kurban aman di Klaten. Makanya, masyarakat tidak perlu mencari (membeli) hewan kurban dari luar daerah," tegasnya.

Itu karena penyakit hewan menular strategis (PHMS), seperti antraks, PMK, dan LSD, masih menjadi ancaman. Karenanya, itu perlu diwaspadai.

DKPP Klaten sejak bulan lalu melakukan pengecekan kesehatan hewan di pasar maupun peliharaan masyarakat, tetapi tidak ditemukan hewan yang sakit. "Bila ditemukan hewan yang sakit segera kita lakukan treatment, sehingga tidak berkembang luas, seperti tahun-tahun lalu," ujarnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat