visitaaponce.com

Pemulung Naik Haji, Diarak Menggunakan Gerobak Sampah

Pemulung Naik Haji, Diarak Menggunakan Gerobak Sampah
Puluhan tahun menabung, akhirnya Supartono yang berprofesi sebagai pemulung bisa naik haji.(Metro TV)

SUPARTONO, seorang calon jamaah haji asal Ponorogo, Jawa Timur, diarak komunitas pemulung, jelang keberangkatan menuju embarkasi Surabaya. Uniknya, jamaah haji tersebut dinaikkan ke atas gerobak sampah yang setiap hari ia gunakan untuk bekerja. 

Suasana haru bercampur gembira menyelimuti keberangkatannya pria yang bekerja sebagai pemulung itu.

Sebuah gerobak sampah pun dimanfaatkan untuk menghantarkan bapak dua anak ini. Sepanjang jalan mereka melantunkan sholawat dengan penuh hikmad. 

Baca juga : Loper Koran Naik Haji Hasil Menabung 25 Tahun dan Hidup Sederhana

Supartono mengaku gugup jelang keberangkatan menuju tanah suci. Hal itu karena ia belum pernah naik pesawat. Ia pun memilih pasrah dan berharap agar perjalanannya lancar dan selamat.

"Rasanya terharu, terkejut, karena belum pernah naik pesawat, seneng, deg-degan, tapi saya pasrah kepada Tuhan YME," ujar Supartono yang setiap hari jalan memulung sampai 5 kilometer. 

Marshudi, salah satu anggota komunitas pemulung mengatakan, mereka sengaja mengantar Supartono menggunakan gerobak sampah, sekedar untuk memberi semangat serta dukungan. Menurutnya, sosok Supartono bisa memotivasi anggota yang lain untuk lebih semangat bekerja.

"Ini wujud bersyukur kami, Allah sudah memanggil ke Mekah untuk haji panggilan suci. Ini kami mendorong supaya lebih semangat penuh keberkahan dan hajinya yang mabrur dan membawa keberkahan bagi kami," ujar Marshudi. 

Supartono bercita-cita naik haji sejak 1998 lalu. Kemudian ia mendaftar pada 2011. Selama puluhan tahun menabung, akhirnya keinginan untuk menunaikan rukun islam ke lima dapat terwujud tahun ini. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat