visitaaponce.com

Akibat Cuaca Panas, Penjualan AC dan Kipas Angin di Sidoarjo Naik 5 Kali Lipat

Akibat Cuaca Panas, Penjualan AC dan Kipas Angin di Sidoarjo Naik 5 Kali Lipat
Konsumen membeli AC di sebuah toko di Sidoarjo(MI/Heri Susetyo)

CUACA panas yang terjadi saat memasuki musim kemarau mengakibatkan kenaikan penjualan air conditioner (AC) dan kipas angin di Kabupaten Sidoarjo. Kenaikannya bahkan antara tiga hingga lima kali lipat dibandingkan kondisi normal.

Kenaikan penjualan AC dan kipas angin itu salah satunya terjadi di sebuah toko elektronik di Desa Suko, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Setiap hari, toko elektronik itu ramai didatangi konsumen yang kebanyakan mencari AC atau kipas angin.

"Pada hari biasa, penjualan AC rata-rata 50 hingga 60 unit per bulan, namun saat ini 225 hingga 275 unit pernah bulan lakunya," kata Suaib, penjual barang elektronik, Kamis (16/5).

Baca juga : Kiat Mengoperasikan AC Mobil dalam kondisi Cuaca Panas

Tidak hanya AC, penjualan kipas angin juga naik tiga hingga empat kali. Sementara barang elektronik lain yang meningkat penjualan akibat cuaca panas adalah lemari es atau kulkas. Kulkas meningkat penjualnya dua hingga tiga kali lipat.

"Di rumah sebenarnya sudah ada AC, tapi karena cuaca sangat panas, saya terpaksa beli AC satu lagi," kata Afif, warga Desa Tlasih, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo. 

BMKG Juanda memprediksi cuaca panas wilayah Sidoarjo, Surabaya dan Jatim masih terjadi hingga beberapa bulan ke depan. Puncak musim kemarau diprediksi pada Juli, Agustus, hingga September mendatang. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat